Ray Sahetapy Latih Kesadaran dengan Berpuasa

Kompas.com - 31/07/2012, 17:19 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebagai seorang mualaf, aktor kawakan Ray Sahetapy merasakan banyak manfaat dari menjalankan puasa dalam bulan Ramadhan.

"Saya puasa, saya mualaf. Sejak 20 tahun lalu saya mualaf. Pengalaman saya puasa pertama itu masih saya ingat. Dulu sering lupa kalau lagi puasa, saya tiba-tiba makan, padahal lagi puasa," kisah Ray dalam wawancara di Jakarta, Senin (30/7/2012) malam.

"Kata orang, ada yang bilang, batal. Ada juga yang bilang, enggak apa-apa karena lupa dan harus cepat berhenti terus lanjut lagi puasanya," lanjutnya.

Dengan berpuasa, menurut Ray, ia menjadi terbiasa untuk melatih kesadaran. "Kan puasa ini adalah melatih kesadaran. Yang enggak boleh itu kan, kalau lupa terus batal puasanya, makannya diteruskan. Itu yang enggak boleh," ujar suami dari penari Sri Respatini Kusumastuti ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.