Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil di Olimpiade 2012, McCartney Cuma Dibayar 1 Poundsterling

Kompas.com - 01/08/2012, 18:20 WIB

LONDON, KOMPAS.com -- Para artis musik yang tampil dalam upacara pembukaan Olimpiade 2012 ternyata hanya dibayar sedikit untuk kerja keras mereka. AFP memberitakan bahwa mereka pada dasarnya manggung secara sukarela dan gratis, tapi karena harus ada kontrak formal untuk mereka, mereka diberi 1 poundsterling atau kira-kira Rp 15.000.

Seorang juru bicara Olimpiade 2012 menerangkan, "Penampil pada dasarnya memberi layanan mereka secara gratis. Tetapi, untuk memiliki kontrak formal atas layanan mereka, Anda harus menunjukkan nilai, sehingga kami tetapkan sebesar satu poundsterling, yang memungkinkan mereka memiliki perjanjian kontraktual."

McCartney, Mike Oldfield, Dizzee Rascal, Underworld, dan Emeli Sande sudah menandatangani kontrak pembayaran, meskipun Sande mengakui bahwa ia belum dibayar. Ia berkata kepada Evening Standard, London, "Uang yang saya terima akan benar-benar spesial. Bagian yang membuat acara ini begitu istimewa adalah sukarelawan yang tidak dibayar apa-apa dan bahkan membayar akomodasi mereka sendiri. Ini menunjukkan seni sangatlah penting." (AFP/Alvin Bahar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com