Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlayar Bersama "Perahu Kertas"

Kompas.com - 10/08/2012, 15:31 WIB

Oleh Monalisa

Para agen Neptunus telah bersiap-siap saat radar menangkap sinyal; film "Perahu Kertas" akan meluncur. Dan mereka menantikan kisah perjalanan rekan mereka, Kugy si agen Neptunus.

Pembaca "Perahu Kertas" pun lantas bertanya-tanya, jatuh kepada siapa peran Kugy dan Keenan dalam novel yang ditulis Dewi Lestari atau Dee tahun 1996 itu.

Nama dua artis muda yang pernah beradu akting dalam film "Malaikat Tanpa Sayap", Maudy Ayunda dan Adipati Dolken, kemudian muncul.

Tapi penyuka "Perahu Kertas" masih harap-harap cemas, apakah film itu mampu mewujudkan khayalan mereka saat membaca novel meski penggarapnya, Hanung Bramantyo, adalah sutradara film-film laris seperti "Jomblo", "Perempuan Berkalung Sorban" dan "Ayat-Ayat Cinta."

Sang pengarang tampaknya ingin mewujudkan harapan penyuka novelnya. Dia turun tangan langsung, menulis sendiri skenario untuk film itu.

Hanung yang sudah beberapa kali menggarap film dari novel dan merasakan bagaimana filmnya selalu dibandingkan dengan kisah dalam novel asli lantas memberikan ruang luas bagi Dee untuk menuangkan kreativitasnya.

Dia menyebut diri sebagai medium bagi Dee dan menyimpan sebagian egonya sebagai sutradara.

Hasilnya: sebuah film dengan sinematografi indah yang mengalir bersama dialog yang mampu melarutkan penonton.

Kemampuan Maudy dan Adipati yang semula dianggap terlalu manis untuk memerankan karakter Kugy yang eksentrik dan berantakan serta Keenan yang dingin dan tertutup pun di luar dugaan.

Maudy membuktikan dirinya pantas memerankan sosok Kugy, menghidupkan karakter itu dengan cara dia. Adipati juga terlihat mendalami perannya, menampilkan sosok Keenan secara natural.

Walau porsi perannya tidak banyak, penampilan aktor Reza Rahadian sebagai bos perusahaan iklan yang manis dalam film itu juga berhasil mencuri perhatian penonton.

Pemeran Fauzan Smith yang sepanjang film mengocok perut penonton dengan lontaran kata-kata dalam bahasa Betawi "medok" juga tampil mengesankan.

Dalam film yang mulai diputar di bioskop tanggal 16 Agustus 2012 itu, semua pemain tampaknya berusaha membawakan peran mereka dengan baik untuk menghidupkan cerita.

Penampilan mereka sekaligus menunjukkan kepekaan Zaskia Adya Mecca dalam memilih pemeran untuk menyajikan dunia "Perahu Kertas."

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com