Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Pertama Ronal Tanpa Eyang

Kompas.com - 22/08/2012, 12:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebaran tahun ini menjadi Lebaran paling haru bagi komedian dan aktor Ronal Surapradja (35). Ia harus berlebaran tanpa sang eyang, Raden Acep Basar Surapradja, yang meninggal pada Februari lalu dalam usia 90 tahun.

Ronal yang lahir di Garut, Jawa Barat, dibesarkan oleh eyangnya. ”Eyang itu patron hidup saya. Saya sangat kehilangan beliau,” kata Ronal seusai menjadi pembawa acara Spirit of Ramadhan di Mal Ciputra, Jakarta, beberapa saat lalu .

Di mata Ronal, mendiang eyangnya adalah sosok yang jujur dan penuh teladan. Menjelang Lebaran, Ronal biasanya diajak eyang dan mak (nenek) untuk membantu memasak menu santapan Lebaran. Eyangnya pintar membuat sate, kambing guling, dan ketupat. Ronal kecil diajari mengisikan beras ke dalam ketupat.

Komedian yang mencuat namanya melalui tayangan televisi Extravaganza ini mengingat pengalaman emosionalnya saat kepergian sang eyang. Saat itu, ia tengah berada di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk tampil sebagai pembawa acara.

”Saya dapat telepon dari Papa saya pukul 05.00, langsung menangis sejadi-jadinya. Saya tidak bisa menghadiri pemakaman beliau karena pukul 15.00 harus tampil jadi MC. Benar-benar harus akting karena di dalam hati saya menangis mengingat eyang saya, tetapi di luar harus berpenampilan ceria,” kenang Ronal. (EKI)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com