Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atsuko Maeda Tampil Kali Terakhir Bersama AKB48

Kompas.com - 28/08/2012, 14:35 WIB

TOKYO, KOMPAS.com -- Atsuko Maeda tampil untuk kali terakhir sebagai bagian dari idol group (grup idola) Jepang AKB48. Perempuan yang dinobatkan sebagai anggota terpopuler dalam AKB48 itu memutuskan untuk "lulus" dari AKB48 demi menggapai kariernya sebagai aktris.

Sekitar 230.000 penggemar mengadu keberuntungan untuk menjadi salah satu dari 250 orang yang bisa menonton konser terakhir Maeda bersama rekan-rekan AKB48 itu di Theater AKB48, di Distrik Akihabara, Tokyo, Jepang. Konser tersebut juga ditayangkan langsung di internet. Selain itu, media massa di Jepang, termasuk NHK, juga menayangkan konser tersebut, seperti dikutip laman Japan Today.

"Sejak sekarang, saya akan menjadi pendukung mereka dan saya menantikan semuanya memberikan hasil yang terbaik," kata Maeda pada jumpa pers sebelum tampil dalam konser kelulusannya dari AKB48.

Maeda merupakan salah satu anggota angkatan pertama dari grup yang didirikan pada 2005 tersebut. Ia mengikuti audisi untuk masuk AKB48 ketika berusia 14 tahun. Ia juga menempati urutan pertama sebagai anggota favorit yang dipilih para penggemar pada 2009 dan 2011. Pada Maret 2012, Maeda mengagetkan para penggemar dengan mengumumkan dirinya akan meninggalkan AKB48.

Dalam rangka mengantar kepergian Maeda, AKB48 mengadakan tiga konser di Tokyo Dome pada Jumat (24/8/2012), Sabtu, dan Minggu malam. Itu merupakan kali pertama mereka tampil di Tokyo Dome.

Sebagai salah satu grup idola populer di Jepang, AKB48 telah menjual jutaan copy single mereka. Grup yang diproduseri oleh Yasushi Akimoto itu juga memperluas kepopuleran mereka di luar Jepang dengan membuat grup yang berdomisili di Jakarta, yaitu JKT48. Akimoto juga bersiap-siap membuat TPE48 (Taipei) dan SNH48 (Shanghai) pada tahun ini, begitu diberitakan oleh laman Kyodo News. (nan/Aditia Maruli)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com