Roy Marten Ingin Garap Ulang Film "Wolter Mongisidi"

Kompas.com - 06/09/2012, 02:08 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

MANADO, KOMPAS.com - Pemeran utama film "Tapak-Tapak Kaki Wolter Monginsidi", Roy Marten berjanji untuk membuat kembali film tersebut dengan teknologi yang lebih baru, serta cerita yang lebih lengkap.

Hal itu disampaikan langsung oleh Roy Marten, Rabu (5/9/2012) kemarin, di tengah kerumunan warga suku Bantik di Manado, saat puncak Festival Seni Budaya Bantik 2012.

Festival tersebut menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya Bantik, di antaranya Tari Upasa dan Tari Mahamba. Suku Bantik merupakan salah satu suku asal orang Manado.

Robert Wolter Mongisidi (bukan Monginsidi-red) adalah pemuda Minahasa dari suku Bantik yang ikut mengelorakan perlawanan terhadap penjajah Belanda pada waktu itu. Belanda menghukumnya dengan tembak mati di usianya yang sangat muda, 24 tahun pada tahun 1949.

Setiap tahunnya, warga Suku Bantik yang tersebar di 11 pemukiman di Manado merayakan Festival Seni Budaya Bantik yang puncaknya jatuh pada 5 September yang merupakan hari di mana Mongisidi dihukum mati.

Roy Marten diundang khusus oleh panitia sebagai bentuk penghormatan kepada pemeran utama film yang diproduksi pada tahun 1982 itu. "Tapak-tapak Kaki Wolter Monginsidi" adalah film yang menceritakan kisah perjuangan pahlawan nasional asal Sulawesi Utara tersebut.

"Wolter Mongisidi merupakan tokoh yang luar biasa dan patut menjadi teladan. Tiga puluh tahun lalu saya hadir di lapangan ini dalam penggarapan film Monginsidi. Dan hari ini saya berjanji untuk membuat ulang film tersebut," ujar Roy Marten di antara ribuan warga Bantik yang memadati Lapangan Bantik, Malalayang.

Wolter Mongisidi menjadi merupakan salah satu tokoh penting yang sangat disanjung oleh warga Suku Bantik, Ketika jenasah Mongisidi diambil oleh keluarganya, dari balik Alkitab yang diapitnya ketika ditembak, terselip sebuah kertas yang bertulis tangan, "Setia Hingga Akhir dalam Keyakinan". Kini kalimat itu menjadi kalimat heroik warga Bantik.

Wali Kota Manado Vicky Lumentut yang turut hadir pada Festival tersebut menyambut baik niat Roy Marten, dan ia berjanji untuk membantu mewujudkan rencana tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.