Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Konser, Iwan Fals Diberi Nyanyian "Selamat Ulang Tahun"

Kompas.com - 10/09/2012, 11:47 WIB

DEPOK, KOMPAS.com -- Vokalis, pencipta lagu, dan gitaris Iwan Fals mengingatkan publik akan dampak buruk sampah plastik dan upaya mengatasinya melalui konser bertajuk Plastik di Panggung Kita, yang dibangun di pekarangan kediamannya di Leuwinanggung, Tapos, Depok, Jawa Barat, Sabtu (8/9/2012) sore.

Ditemani Totok Tewel (gitar), Edi Darome (keyboard), Raden (drum), dan Ferry (bas) yang mengiringinya, Iwan membuka konser dengan lagu-lagu "Esek-esek Udug-udug", "Ada Lagi Yang Mati", "Guru Zirah", dan "PHK". Para anggota Oi (Orang Indonesia atau penyuka musik Iwan) dan Komunitas Tiga Rambu, yang menyemut di halaman tersebut, mulai bergoyang sambil membentangkan atribut-atribut mereka.

Selain para pemain musik yang mengiringinya, Iwan juga menggandeng sederet bintang tamu. Contohnya, gitaris I Wayan Balawan. Ia dan Totok saling unjuk keandalan bermainan gitar pada lagu "Desa" dan "Buku Ini Aku Pinjam". Ada juga vokalis Momo "Geisha". Ia didapuk untuk menemani Iwan menyanyikan "Izinkan Aku Menyayangimu" dan hit pertama Geisha, yang berhasil mengangkat nama band itu, "Jika Cinta Dia".

Usai Iwan berduet dengan Momo, satu per satu para pemusik yang sejak awal mengiringi Iwan meninggalkan panggung untuk digantikan oleh pemain keyboard Iwang Noorsaid dan penggebuk drum Gilang Ramadhan. Bersama Iwan mereka menggulirkan "Potret Panen + Mimpi Wereng", "Sampah", "Tikus-tikus Kantor", "Mata Indah Bola Pingpong", "Ringkik Kuda Betina", "Kasacima", "Pulanglah", dan "Aku Pahlawan".

Pada akhir "Aku Pahlawan", yang dicipta oleh Gilang, Iwan menyebut satu per satu artis musik yang telah menyemarakkan konser Plastik. "Maaf, bagi yang belum tersebutkan, terima kasih," seru Iwan berpamitan.

Namun, begitu sang idola berpamitan, para anggota Oi merasa sore itu tak lengkap jika mereka belum menyanyikan "Selamat Ulang Tahun" untuk memperingati hari jadi ke-51 Iwan, yang lahir pada 3 September 1961. "Semoga Mas Iwan Fals diberikan kesehatan dan panjang umur sehingga bisa menginpirasi kawan-kawan yang lain," seru Balawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com