Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hisbulah Ajak Warga Lebanon Berdemo Sepekan Penuh

Kompas.com - 17/09/2012, 09:06 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Pemimpin Hisbullah, Hassan Nasrallah pada Minggu (16/9/2012) waktu setempat menyerukan warga Lebanon agar menggelar aksi unjuk rasa sepekan penuh untuk memprotes film yang menghina Islam.

"Seluruh dunia harus melihat kemarahan di wajah kalian, dalam kepalan kalian dan dalam teriakan kalian," kata Nasrallah dalam sebuah pidato televisi.

Pimpinan organisasi Syiah paling kuat itu mengeluarkan pernyataannya hanya beberapa jam setelah Paus Benediktus XVI meninggalkan Lebanon setelah melakukan kunjungan bersejarah selama tiga hari.

Nasrallah menegaskan dia memang menunda pidatonya itu hingga Paus Benediktus XVI meninggalkan Lebanon.

"Dunia harus mengetahui bahwa Nabi Muhammad memiliki pengikut yang tak akan tinggal diam di hadapan wajah penghinaan," tambah Nasrallah.

Nasrallah menyrukan agar warga di selatan Beirut menggelar protes pada Senin (17/9/2012), di kota Tyre pada Selasa, kota Baalbek pada Jumat, Bint Jbeil pada Sabtu dan kota Hermel di wilayah Lembah Bekaa pada Minggu.

Semua kawasan yang disebut Nasrallah ini adalah wilayah yang mayoritas penduduknya memeluk Syiah.

Dia juga menyerukan agar umat Islam di seluruh dunia menggelar unjuk rasa menentang film itu.

"Ini adalah serangan terburuk terhadap Islam. Ini lebih buruk dari Ayat-ayat Setannya Salman Rushdie, pembakaran Al Quran di Afghanistan dan kartun di Eropa," ujar Nasrallah.

"Harus ada resolusi di level institusi internasional yang mengikat semua negara di dunia untuk melarang penistaan agama," kata Nasrallah sambil menambahkan serangan terhadap Islam sudah terlalu sering terjadi.

"Mereka yang membuat film seperti itu seharusnya tahu bahwa mereka akan menerima hukuman di manapun mereka berada dan mereka seharusnya tak lagi merasa terlindungi," tegasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com