Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JKT 48 Meriahkan Festival Jak-Japan Matsuri 2012

Kompas.com - 18/09/2012, 10:20 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan tahunan Festival Jak-Japan Matsuri 2012 kembali digelar di Jakarta. Festival itu akan berlangsung selama satu minggu kedepan, yaitu pada 23 sampai 30 September 2012. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, satu hal yang menarik dari Festival Jak-Japan Matsuri adalah lomba memasak sushi.

"Akan ada lomba sushi besar-besaran. Semua chef yang ada di Jakarta khususnya yang orang Indonesia akan mengikuti lomba sushi ini," kata pria yang akrab disapa Foke, di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (17/9/2012).

Lomba membuat sushi tersebut akan diselenggarakan di Sari Pan Pasific Hotel Ballroom saat pembukaan Jak-Japan Matsuri, 23 September 2012. Berbagai rangkaian kegiatan kebudayaan Jepang akan memeriahkan Jak-Japan Matsuri 2012, seperti demo pembuatan mochi, mochitsuki, Kesennuma Project, pameran Ikebana, tarian Bon Odori, demo upacara minum teh ala Jepang, workshop origami, dan pertunjukkan dari grup JKT 48.

Selain itu, festival ini tidak hanya akan diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific, tapi juga akan diselenggarakan di Plaza Senayan, Summitmas Tower, dan Monumen Nasional (Monas). Foke mengatakan, dalam festival ini tak lupa juga menampilkan berbagai kebudayaan Indonesia.

"Tidak hanya kebudayaan Jepang, tapi juga ditampilkan kebudayaan Indonesia, seperi contohnya pertunjukkan tari Bali," ujarnya.

Foke mengharapkan, dengan diselenggarakan festival ini diharapkan hubungan kekerabatan antara Indonesia dengan Jepang semakin terjalin baik. "Begitu pula dengan hubungan sister city yang baik antara Jakarta dengan Tokyo. Seperti tema tahun ini semakin erat, semakin mantap," katanya.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, mengatakan, akan banyak kegiatan menarik yang diselenggarakan selama satu pekan dalam Jak-Japan Matsuri. "Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Festival ini menjadi simbol kesepakatan dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia. Selain itu akan banyak acara menarik selama seminggu," kata Yoshinori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com