Michael da Lopez: Akapela, Musik Ramah Lingkungan

Kompas.com - 19/09/2012, 06:58 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tanpa alat musik, grup akapela Jamaica Café mengklaim sebagai seniman ramah lingkungan. Hanya mengandalkan mulut dan kemampuan olah vokal, serta aksi panggung yang komunikatif, mereka mampu menghibur penonton.

”Sering ikut WWF pada acara-acara lingkungan membuat pikiran kami selalu mengaitkan sesuatu dengan kelestarian lingkungan. Karena itu, musik mulut kami pun bisa disebut musik ramah lingkungan,” kata Michael da Lopez (38), satu dari enam personel Jamaica Cafe, beberapa waktu lalu.

Saat itu Michael mengisi acara peluncuran buku Land of The Birds of Paradise oleh WWF Indonesia. Pemilik suara bariton ini dengan berapi-api menuturkan kisah ekspedisinya keluar-masuk hutan.

Beberapa waktu lalu, misalnya, Jamaica Café sebagai pendukung kehormatan WWF Indonesia diajak melihat langsung hutan tropis di Kalimantan Timur.

”Dari Tarakan kami naik speed boat empat jam ke Malinau. Setelah itu kami lewat sungai berjam-jam lagi, luar biasa hutan kita,” ujar guru vokal pada beberapa sekolah musik di Jakarta ini.

Sepulang dari kunjungan itu, mereka menuangkan kekaguman tersebut dalam sebuah lagu yang albumnya akan diluncurkan awal Oktober 2012. Album yang belum diberi nama itu berisi 10 lagu ciptaan mereka. Ini akan menjadi album kedua mereka setelah Musik Mulut. (ICH)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.