Setia Band Pilih Latin Pantura untuk "Single" Baru

Kompas.com - 25/09/2012, 08:09 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com — Pop Melayu memang sudah telanjur melekat pada setiap karya yang dicipta oleh vokalis Charly van Houten. Namun, untuk single baru Setia Band, Charly memasukkan unsur-unsur musik tradisional Jawa Barat ke dalam musik grup yang dibentuknya bersama Pepeng (gitar) itu.

Charly menyebut musik untuk lagu "Jangan Mau-mau" itu Latin Pantura. Pantura merupakan kependekan dari Pantai Utara (Jawa Barat). "Single sekarang agak lebih ke Latin Pantura. Kami memasukkan unsur budaya, pas bagian ref ada kendang, jaipong, suling," jelas Charly dalam wawancara di sela shooting videoklip lagu tersebut di TM Studio, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2012).

Ungkap Charly, musik itu merupakan hasil eksperimennya di studio. "Sebenarnya lebih bereksperimen dalam musik, ada unsur orkestra, Latin," ceritanya.

Ceritanya lagi, sebelum ia bereksperimen, gagasan memasukkan bunyi-bunyian dari alat-alat musik tradisional tersebut muncul dari konsep aransemen musik yang dimainkan oleh Setia Band ketika tampil di panggung. "Kebetulan Setia Band ini memang punya konsep berbeda di off air atau pas on air. Kami coba masukkan unsur tradisional, misalnya konser di Bali pakai penari Kecak. Di Jawa Barat ya pakai penari Jaipong," tuturnya.

Hasilnya? "Sejauh ini penggemar sangat suka. Mereka menemukan sesuatu yang fresh. Alhamdulillah diterima dengan baik," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.