Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibunda Justin Bieber Buka-bukaan di Bukunya

Kompas.com - 25/09/2012, 14:05 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com- Ibunda Justin Bieber, Pattie Mallette, menulis buku berjudul Nowhere but Up: The story of Justin Bieber's Mom. Isinya membeberkan kisah kehidupan masa lampau yang sangat pahit, keluarga berantakan, dan terjebak kenakalan jalanan.

Pattie Mallette yang kini berusia 37 tahun mengisahkan bahwa pada usia 18 tahun dia terpaksa tinggal di rumah khusus bagi para perempuan muda yang hamil. Disanalah dia, ketika berusia 18 tahun, melahirkan anak lelaki yang tadinya akan diberi nama Jesse. Saat terlahir muncul lengkingan suara bayi seperti nada sebuah lagu.

Si bayi itu kemudian bernama Justin Bieber. Saat mengandung, Mallette mengalami depresi karena berkali-kali menghadapi pelecehan seksual. Ibundanya Bieber ini juga hancur karena menyaksikan perceraian orangtua, yang membawanya terjebak pada kehidupan malam, barang-barang haram.

Di usia dimana dia harus bersekolah, dia benar-benar terpuruk habis-habisan dan pernah berniat bunuh diri enam bulan menjelang kehamilan. Mallette juga bercerita saat ditendang dari rumah dan terdampar di sebuah rumah penampungan di Kanada. Saat di bawah usia 10 tahun dia menyaksikan ayahnya lari dari rumah dan menjadi pencandu alkohol.

Di usia muda juga dia telah menghadapi pelecehan seksual oleh oran-orang dekatnya. "Kepada semua pelaku itu, saya memaafkan Anda," demikian Mallette, yang mengatakan menulis buku sembari melepas rasa sesak mengingat semua mimpi buruk masa lalu. Sebagian hasil buku itu dia janjikan akan disumbangkan ke panti yang pernah menampungnya.

Keluarga membuangnya karena kehamilan saat berpacaran dengan Jeremy Bieber. Hubungan mereka dimulai ketika Mallette berusia 15 tahun. Untungnya pada usia 17 tahun dia menemukan kehidupan Kristen, walau kembali sempat terjatuh ke dalam pola kehidupan lama. Namun demikian dia tetap menolak menggugurkan kandungan walau dianjurkan orang-rang dekatnya. "Saya tahu ini harus saya pertahankan. Saya tidak terpikir soal menggugurkan," katanya.

Setelah melahirkan, dia tetap memilih untuk tidak kembali ke rumah. Dia bertahan hidup dari bantuan sosial pemerintah sembari bekerja serabutan. Saat Bieber masih muda dia selalu berpikir soal nasib Bieber jika ditinggal sendirian tanpa penjaga. Namun berkat bantuan tetangga dia bangkit dan bisa bersekolah kembali. Dari uang hasil kerja itu dia membelikan Bieber sebuah gitar dan drum.

Mallette tidak pernah meminta Bieber mengamen, walau tindakan itu menghasilkan uang banyak saat Bieber berusia 6 tahun. Sukses besar muncul ketika Bieber menampilkan aksi-aksi musiknya di situs YouTube pada usia 12 tahun.

Justine kini berusia 18 tahun, sama dengan usia saat ibunnya melahirkan Bieber. Keajaiban terjadi karena Bieber berperangai baik dan terus melanjutkan kegiatan musik yang membuatnya kini terkenal. Bieber diberitahu soal kisah sedih ibunya saat dia berusia 12 tahun. Dia juga diberi tahun soal ayahnya yang meninggalkan mereka dan menikah lagi dengan perempuan lain. (AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com