Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album Pertama Beatles, "Love Me Do" 50 Tahun

Kompas.com - 04/10/2012, 21:47 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Debut gruk musik legendaries asal Liverpool, Inggris, The Beatles, hari Jumat (5/10/2012) akan memasuki usia 50 tahun.

Debut ini ditandai dengan album perdana mereka, "Love Me Do" yang dimulai dilepas komersial pada 5 Oktober 1962. Awal yang membawa grup musik beranggota empat anak muda Liverpool ini menjadi legenda dalam perjalanan musik dunia.

Hamish McBain, asisten editor pada majalah musik Inggris, NME sebagaimana dikutip kantor berita AFP, hari Kamis (4/10/2012) menegaskan, sekalipun lagu "Love Me Do" menempati peringkat ke-17 tangga lagu di Inggris pada saat itu, namun lagu ini bukan saja merupakan album rekaman perdana dari sebuah grup musik tetapi juga merupakan lagu hit pertama dari Beatles.

"Jelas ini sebuah album pertama, namun lebih penting lagi, ini menjadi dasar dari kebijakan merekahanya mengeluarkan lagu-lagu yang hanya diciptakan oleh personel The Beatles sendiri," ujar McBain.

Lagu "Love Me Do" direkam pada September 1962 yang diproduser oleh George Martin. Martin juga melepaskan lagu lain yang ditulis oleh penulis lagu Inggris Adam Faith yang ditampilkan The Fab Four. Hal ini membuat The Beatles memilih jalan sendiri dan lagu "Love Me Do" mulai diedarkan ke pasaran pada 5 Oktober 1962.

Dan sejak itu, The Beatles bertekad akan mengeluarkan album dengan lagu-lagu yang ditulis dan aransemen oleh mereka sendiri. Dan lagu-lagu mereka kemudian menjadikan grup musik asal Liverpool ini tak ubahnya juga sebuah grup musik rock.

"Anda tak bisa dipertimbangkan sebagai sebuah grup musik rock serius pada pertengahan tahun 1960-an kecuali kalau anda sendiri yang menciptakan lagu-lagunya," ujar McBain soal The Beatles pada saat itu

Lagu Love Me Do diciptakan dan dutilis bersama John Lennon dan Paul McCartney. Lirik lagu dan musik dari "Love Me Do" direkam oleh Studio Abbey Road, London yang kemudian menjadi terkenal akibat The Beatles.

TV Empat dari BBC akan menyiarkan dokumen soal "Love Me Do" pada hari Minggu. Lagu ini menjadi terkenal sekalipun saksi mata mengatakan, manajer dari The Beatles, Brian Epstein membeli sekitar 10.000 copies dari album ini untuk mendorong perjualan. Namun hal ini tak pernah terbukti dan banyak pihak yakin lagu "Love Me Do" laris terjual karena iramanya yang keluar dari arus utama musik pada saat itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com