Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil di Depan Ratu Spanyol, Ananda Sukarlan Galau

Kompas.com - 06/10/2012, 07:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pianis Ananda Sukarlan (44) sedang galau. Kegalauan itu dia sampaikan dalam surat elektroniknya kepada Kompas. Ananda diminta pihak istana Spanyol untuk menggelar karya terpanjang untuk piano dan orkes dalam sebuah konser di Teatro Real (Gedung Opera Kerajaan) pada 15 dan 17 Oktober mendatang. Konser tentu saja akan dihadiri Ratu Sofia dan beberapa anggota Kerajaan Spanyol.

Karya yang akan dibawakan itu adalah ”Turangalila” Symphony karya komponis Perancis, Olivier Messiaen (1908-1992). Karya romantik yang dipengaruhi musik Asia, termasuk gamelan, itu sepanjang satu setengah jam. ”Judulnya dari bahasa Sanskerta yang artinya ’Himne untuk Waktu’ (Hymn for Time) dan akan diiringi oleh Madrid Symphony Orchestra dengan tambahan personel menjadi lebih dari 120 anggota,” kata Ananda. Konser tersebut dipimpin konduktor terkemuka Jerman, Ingo Metzmacher.

Masalahnya, untuk bermain 1,5 jam nonstop bersama orkes yang beranggotakan 120 orang membutuhkan stamina dan konsentrasi yang prima. Untuk itu, pianis yang rajin berkicau di Twitter tersebut mulai berlatih fisik. Dia kini rajin mengelilingi bukit di sekitar rumahnya di Spanyol setiap matahari terbenam.

”Daripada cuma galau memandangi sunset,” katanya. (*/ush)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com