Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ireng Maulana Lanjutkan JakJazz

Kompas.com - 09/10/2012, 06:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- JakJazz 2012 akan digelar pada 19-21 Oktober 2012 di Istora Senayan, Jakarta. Ireng Maulana (68) masih berapi-api menggelar hajatan jazz yang dirintisnya sejak 24 tahun lalu.

"Dulu itu, kami ngobrol-ngobrol, orang jazz harus bikin sesuatu untuk jazz di Indonesia," kata Ireng tentang lahirnya JakJazz yang digelar pertama kali tahun 1988 di Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara.

Tahun ini JakJazz akan diramaikan, antara lain, oleh Incognito, Mezzoforte, Ernie Watts, dan Jeremy Monteiro. Hampir semua musisi jazz terkemuka Indonesia akan tampil pada perhelatan tersebut, termasuk Indra Lesmana dan Idang Rasjidi.

"Semua teman mendukung. Kami ini orang-orang jazz, jadi semangatnya beda. Kita lebih Indonesia," kata Ireng.

Yang agak istimewa kali ini, Ireng dan kawan-kawan akan tampil dengan gaya dixieland-nya. Pada awal 1980-an, jazz gaya dixieland pernah dipopulerkan Ireng dan kawan-kawan. Mereka membawakan lagu Indonesia yang diberi sentuhan dixie, termasuk lagu Ebiet G Ade "Berita kepada Kawan."

"Saya akan menghidupkan dixie lagi meski empat pemainnya sudah meninggal, yakni Hendra (Wijaya), Trisno, Ronnie, dan Dullah (Suweleih)," kata Ireng menyebut pemain piano, saksofon, bas, dan perkusi yang mendukung kelompok dixie-nya dulu.

"Bagaimana ya kalau Ebiet kita ajak ke JakJazz?" tanyanya. (XAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com