Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenderal Naga Bonar Siap Lawan Korupsi

Kompas.com - 09/10/2012, 16:14 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — "KPK harus membuat takut orang yang korupsi. Tidak ada ketakutan bagi KPK," kata seniman Deddy Mizwar di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (9/10/2012). Deddy, pemeran karakter Jenderal Naga Bonar, bersama-sama budayawan dan seniman yang lain menyampaikan dukungan moral kepada KPK dalam mengusut kasus dugaan korupsi proyek simulator ujian surat izin mengemudi (SIM).

"Bukan hanya sekelompok orang, tapi hampir seluruh elemen masyarakat. Ini menjadi gerakan budaya sebab para elite politik juga membawa rakyat buat korupsi. Saya rasa virus ini sudah sampai di masyarakat sehingga kita harus dari masyarakat yang menolak virus itu," ujarnya.

Aktor senior ini juga mengatakan, seniman dan budayawan siap berada di belakang KPK. Para seniman dan budayawan yang merupakan bagian dari masyarakat, katanya, bisa membantu KPK, baik secara moril maupun materiil.

"Insya Allah bahkan kita bangun gedung KPK kalau kurang. Kita buktikan kalau rakyat lebih kaya daripada wakilnya. Itu yang di DPR kan wakil kita semua, kita gaji dari pajak kita," ucap Deddy.

Sejumlah seniman dan budayawan mendatangi Gedung KPK di kawasan Kuningan ini. Selain Deddy, mereka adalah Radhar Panca Dahana, Arswendo Atmowiloto, Mohammad Sobari, FX Harsono, Olivia Zalianty, Slamet Rahardjo Djarot, dan Indro Warkop. Mereka diterima Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Ketua Bambang Widjojanto.

Seusai pertemuan, Radhar Panca Dahana mengaku prihatin dengan apa yang dilakukan para koruptor di negeri ini. Dia berharap KPK tidak ciut menghadapi serangan balik koruptor.

"Kita mendukung sepenuhnya dan kalau budayawan di sini sudah mendukung KPK, tidak ada elemen yang berani melawan KPK," ucapnya.

Berita terkait dapat diikuti dalam topik: Polisi Vs KPK

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com