Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selandia Baru Luncurkan Koin "The Hobbit"

Kompas.com - 10/10/2012, 15:37 WIB

AUCKLAND, KOMPAS.com - Anda yang sudah membaca novel Lord of the Ring karya JRR Tolkien atau menonton filmnya yang disutradari Peter Jackson tentu tak asing lagi dengan karakter manusia pendek yang disebut Hobbit.

Nah, karakter rekaan Hobbit ini akan menjadi gambar resmi uang koin Selandia Baru. Harian New Zealand Post melaporkan tokoh-tooh Hobbit seperti Bilbo Baggins dan Gandalf Si Penyihir adalah beberapa tokoh film "Hobbit" yang akan menjadi gambar uang koin negeri itu.

Tapi, uang koin ini bukan uang yang akan digunakan untuk transaksi sehari-hari. Uang-uang unik ini hanya akan dijual untuk para kolektor.

Koin termahal  adalah koin 10 dolar Selandia Baru yang terbuat dari emas murni seberat satu ons. Koin ini dihargai 3.020 dolar AS atau hampir Rp 30 juta untuk kolektor. Sedangkan koin termurah adalah koin 1 dolar Selandia Baru dengan harga jual 29,90 dolar Selandia baru atau sekitar Rp 23 juta.

Koin-koin ini akan mulai dijual mulai 1 November mendatang dan diharapkan bisa menarik peminat dari seluruh dunia, menjelang pemutaran film "The Hobbit" di Wellington, 28 November 2012.

Peter Jackson yang sebelumnya menyutradari trilogi "The Lord of The Ring" yang sukses komersial maupun penghargaan, awal tahun ini memastikan membuat tiga film Hobbit yang juga adaptasi dari buku karya Tokien.

Aktor Inggris, Martin Freeman yang akan berperan sebagai Bilbo Baggins yang terseret dalam pencarian kerajaan liliput Erebor yang hilang dari cengkeraman naga jahat, Smaug.

Nama-nama bintang lain yang ikut meramaikan film ini adalah Cate Blanchett, Ian McKellen, Barry Humphries, Stephen Fry dan Billy Connoly.

Trilogi "The Lord of the Ring" diproduksi di Selandia Baru yang berujung meningkatnya jumlah wisatawan ke negeri itu. Sehingga, dengan film Hobbit ini, Selandia Baru berharap peningkatan wisatawan kembali terjadi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com