Oppie Andaresta: Bagai Gayung Bersambut

Kompas.com - 14/10/2012, 11:49 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Oppie Andaresta (39) piawai mengocok perut penonton pentas komedi. Di pentas Maling Kondang, berperan sebagai Emak si Malin, penyanyi yang lahir dan besar di Jakarta itu lancar bercakap dan melucu dalam dialek Minang.

"Itu hasil ngebut berlatih dua hari. Kami cuma diberi naskah dan disuruh mengembangkan dialog sendiri. Dulu saya berlatih di Bengkel Teater Rendra, berlatihnya bisa dua bulan. Ini gila banget...," kata Oppie.

"Untungnya, orangtua di rumah biasa berbicara dalam logat Minang, dan saya masih ingat. Biar lancar, selama dua hari terakhir tiap orang saya sapa, 'Ba'a kaba?' Ketemu orang Jawa pun saya sapa, 'Ba'a kaba?'," tutur Oppie terbahak.

Lebaran lalu ia sempat bersedih karena tak mudik ke Lubuk Aluang di Padang Pariaman, hingga ia menumpahkan kerinduannya lewat status dalam akun Facebook-nya. "Tiba-tiba saya ditelepon kawan, diminta terlibat dalam Saluang Concerto. Tiba-tiba diajak ikut main Maling Kundang. Kalau kata orang Minang, itu seperti gayuang basambuik. Ingin, rindu, akhirnya kesampaian," ujar Oppie selesai pentas pertamanya, Jumat (13/10/2012).

Maling Kondang menjadi pentas pertamanya setelah turun panggung teater sejak 2005. Malam itu, Oppie juga menyanyikan dua lagu yang melambungkan namanya, "Cuma Khayalan" dan "Single Happy". Penonton pun turut berdendang bersama Oppie, seperti gayuang basambuik. (ROW)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.