Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Skyfall" Menuai Banyak Pujian

Kompas.com - 15/10/2012, 11:12 WIB
LONDON, KOMPAS.com Seri teranyar film James Bond, Skyfall, menuai pujian. Di antaranya bahkan menyebut sebagai film Bond terbaik sepanjang masa.

 

 Masih mengusung peran utama yang dibintangi Daniel Craig, film ke-23 ini disutradarai pemenang Piala Oscar, Sam Mendes. Ini adalah kali ketiga Craig memerankan agen rahasia 007.
 
"Jelas ini adalah salah satu film terbaik Bond," kata Geoffrey McNab dari The Independent seperti dikutip BBC.
 
"Mendes berhasil kembali ke dasar, kejar-kejaran, adegan-adegan berbahaya, perkelahian. Pada saat yang sama Mendes berhasil menghidupkan kembali film ini, menambahkan karakterisasi ketimbang film dangkal yang biasa kita tonton," tambah McNab.
 
Bahkan, Kate Muir dari The Times menyebut Skyfall sebagai sang jagoan film Inggris.
 
"Sejak momen suara orkestra lagu Adele muncul, film ini sudah berhasil membuat penonton merinding, dan pasti langsung tahu film ini akan mengulang kejayaan klasik Bond," tulis Muir.
 
Baz Bamigboye dari The Daily Mail memberi film ini lima bintang penuh dan menyebutnya kombinasi fantastis 007 dan Bourne, Spooks, serta Home Alone.
 
Robin Collin dari The Telegraphs tak ketinggalan memuji Mendes.
 
"Dia tak takut membiarkan momen-momen dramatis muncul dan sinematografer Roger Deakins membuat potongan-potongan aksi liar nan ambisius, adegan-adegan paling indah yang pernah ada selama perjalanan 50 tahun Bond."
 
Dalam Skyfall, Dame Judi Dench kembali memerankan M16 Direktur M, sementara Ralph Fiennes, Ben Whishaw, dan Naomie Harris bergabung menjadi sekutu Bond.
 
Para kritikus pun memuji akting Javier Bardem yang memerankan karakter antagonis Silva. Menurut McNab, Bardem berhasil menjadi tokoh penjahat dengan kombinasi rasa getir dengan sifat keji Hannibal Lecter dalam film  Silence of the Lambs.
 
Caroline Jowett dari The Express menambahkan, "Dia bukan penjahat yang ingin mendominasi dunia seperti Ernst Blofeld, tapi dia selalu mengejutkan. Dia bisa membuat kita semua tertawa hanya untuk menunjukkan dia punya ancaman luar biasa."

Meskipun banyak kritikus memuji Skyfall, Xan Brooks dari The Guardian tak terlalu terkesan dengan film ini.

Brooks hanya memberi tiga dari lima bintang. Dia memuji ketegangan yang berhasil dihadirkan pada setengah adegan film, tetapi menyebut keseluruhan Skyfall sebagai film yang sama tak menariknya dengan sepanjang 50 tahun Bond.

Film ini disebut Brooks hanya membuka peluang penilaian sentimen, tetapi tetap kehilangan geregetnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com