Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panggung Bunaken Jazz Festival 2012 Digarap "Ngebut"

Kompas.com - 20/10/2012, 12:56 WIB

MANADO, KOMPAS.com -- Jumat (19/10/2012) siang, satu hari menjelang penyelenggaraan Bunaken Jazz Festival (BJF) 2012, belum terlihat satu tiang pun berdiri sebagai tanda panggung acara itu akan didirikan di Lapangan Basket Kompleks Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (20/10/2012). Dari pantauan Kompas.com, Jumat itu tak tampak pula satu orang pun bekerja membangun panggung di lapangan bola basket yang terletak di jantung Manado tersebut.

Siang itu, yang ada hanya beberapa remaja yang asyik menggunakan fasilitas umum itu untuk bermain bola basket. Sore harinya, Kompas.com mendapat informasi bahwa tempat BJF 2012 dipindah. Informasi tersebut datang dari pihak The Sense Cafe, Manado, yang digandeng oleh Kawanua Live Production, penyelenggara BJF 2012 untuk acara tersebut. "Venue tidak jadi dipakai di lapangan basket, tapi di sini," ujar konsultan The Sense Cafe, Franklin Manoppo, sambil menunjukkan sebuah jalan di samping tempatnya bekerja.

Franklin juga mengaku heran, sampai (Jumat) pukul 19.00 WIT sama sekali belum ada kegiatan pembangunan panggung BJF 2012. "Mereka bilang, mau pakai ridging. Tapi, kok sampai gini hari enggak kelihatan yang kerja. Kalau pun dikerjakan malam ini, apa mungkin selsesai?" kata Franklin. Ya, mudah-mudahan saja sih," lanjutnya.

Begitu kira-kira pukul 21.00 WIT pada hari yang sama, mobil truk bermuatan rangka baja dan beberapa perlengkapan panggung lainnya, seperti untuk tata suara dan tata cahaya, mulai berdatangan. Penanggung jawab panggung tersebut, Rully, mengaku baru bisa mulai membangun panggung pada malam hari. "Kami dari siang enggak bisa masuk sini (Kompleks Megamas), karena rupanya belum ada izin pemakaian tempat yang dikeluarkan dari pihak pengelola kawasan di sini," jelas Rully. "Biasanya itu, satu hari sebelumnya, panggung sudah harus berdiri, karena kalau ada kekurangan kami bisa langsung cek apalagi yang harus diperbaiki. Kalau begini caranya, ya dikebut satu malam," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com