Edo Kondologit Promosikan Keindahan Raja Ampat

Kompas.com - 23/10/2012, 08:54 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penonton memadati panggung Edo Kondologit (45) di pembukaan Festival Raja Ampat di Pantai Waisai Tercinta, Raja Ampat, Papua Barat, pekan lalu. Panasnya cuaca tak menjadi hambatan bagi pengunjung festival yang sudah tiga kali digelar itu. Suasana semakin riuh ketika Edo turun dari panggung dan mengajak yang hadir menyanyi lagu "Aku Papua" karya Franky Sahilatua.

Penyanyi yang asli Papua itu menilai, perkembangan infrastruktur dan transportasi di Raja Ampat agak lambat. "Namanya orang piknik, mereka pasti cari kenyamanan, termasuk di perjalanan. Kalau di feri saja sudah berdesakan, turis akan mikir dua kali untuk ke Raja Ampat," kata Edo yang berangkat dari Sorong ke Raja Ampat menumpang feri cepat selama dua jam.

Kendati demikian, Edo terus mempromosikan keindahan tempat wisata yang memang tidak ada duanya di dunia itu. Dia tidak memungkiri sudah banyak perbaikan di Raja Ampat. "Tetapi, perlu dipacu lagi supaya jarak tempuh tidak jadi hambatan bagi turis lokal maupun asing untuk datang ke Raja Ampat," ujarnya.

Edo berharap keistimewaan Raja Ampat perlu dipertahankan. Kawasan wisata itu jangan menjadi tujuan wisata massal agar terumbu karang tidak rusak. "Semakin banyak orang datang, saya khawatir sampah pun bertebaran di mana-mana sehingga pesona bawah laut rusak," katanya. (ETA)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.