Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Yang Penting Kuasai Lapangan

Kompas.com - 27/10/2012, 19:23 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012 lalu, agenda utama Joko Widodo ialah jalan-jalan. Blusukan mengunjungi kawasan kumuh, pasar tradisional, dan daerah-daerah yang menjadi langganan banjir. Pria yang akrab disapa Jokowi itu seakan tak lelah, baik siang maupun malam mendatangi permukiman penduduk yang dianggapnya perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

Tidak hanya itu, Jokowi juga tidak segan-segan melakukan inspeksi mendadak pada instansi-instansi pemerintah Pemprov DKI Jakarta. Menurut Jokowi, keberhasilan seorang pemimpin salah satunya ditentukan oleh kemampuannya mengenal siapa yang dia pimpin dan situasi lapangan di mana dia memimpin.

"Yang penting itu kan kuasai lapangan. Lihat dan dengar apa yang terjadi di lapangan, perhatikan, baru ditanggapi. Jadi pemimpin jangan hanya duduk saja di kantor," kata Jokowi, Sabtu (27/10/2012).

Hal tersebut disampaikan Jokowi usai inspeksi mendadak di Kantor Pemadam Kebakaran di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jokowi bersama istri juga sempat bersalaman dengan kerumunan massa yang mendatanginya.

"Buat Jakarta kayak Solo ya, Pak," kata salah seorang dari kerumunan warga itu.

Jokowi tersenyum dan mengacungkan jempol kepada orang tersebut. "Kita bangun Jakarta sama-sama lah," jawab Jokowi.

Sejak Sabtu pagi, Jokowi kembali berkeliling Jakarta mengendarai Kijang Innovanya diikuti dua sepeda motor pengawal dari Dinas Perhubungan. Jokowi beserta istrinya, Iriana, meninjau Kali Poncol, Kecamatan Mampang, Kelurahan Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Inspeksi mendadak ini sontak menjadi perhatian warga.

Saat melakukan sidak, seperti biasa Jokowi memilih mengendarai Kijang Innovanya diikuti dua sepeda motor pengawal dari Dinas Perhubungan. Jokowi beserta istrinya, Iriana, meninjau Kali Poncol, Kecamatan Mampang, Kelurahan Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Inspeksi mendadak ini sontak menjadi perhatian warga.

"Kami juga kaget kok pas Pak Jokowi datang, tadi dia tidak banyak ngomong. Cuma datang lalu memerhatikan kali, setelah itu ke kantor lurah, terus pulang," ujar Nurdin, warga yang tinggal di tepi Kali Poncol.

Saat sidak, Jokowi merasa khawatir dengan kondisi perumahan di pinggir kali itu. ""Rencananya rumah yang tidak layak huni di sekitar sini, akan dikeruk," katanya tanpa penjelasan lebih lanjut.

Jokowi hanya beberapa menit meninjau permukiman kumuh itu lalu pergi lagi. Dari Poncol, Jokowi langsung menuju Kantor Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan di Lebak Bulus. Lagi-lagi, kedatangan Jokowi sontak mengagetkan para petugas pemadam kebakaran. Jokowi langsung menuju ke parkiran mobil kebakaran dan meminta petugas untuk menghidupkan mesin mobil pemadam kebakaran tersebut.

"Saya lihat siap, alatnya siap, personalnya siap. Yah, yang ini baik lah, saya apresiasi. Jakarta kan sering kebakaran, kalau tidak dikontrol bahaya. Tapi yang di sini saya berikan apresiasi," kata Jokowi.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com