Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampilan "Agen 007" dan Cerita Royal Albert Hall

Kompas.com - 04/11/2012, 15:05 WIB

KOMPAS.com - Akhir Oktober lalu, film yang menceritakan kisah James Bond, 'Skyfall', baru saja diluncurkan. Namun, ada yang unik di pemutaran perdana film tersebut. Alih-alih bertempat di gedung bioskop, pemutaran film "Skyfall" justru bertempat di Royal Albert Hall.

Ya, seluruh dunia memang tengah bergunjing mengenai tokoh fiksi ini di penghujung Oktober 2012. Tokoh cerdas dan menawan yang selalu diperankan oleh aktor-aktor tampan Hollywood tersebut terkenal dengan cara menyebutkan namanya, "Bond. James Bond!"

Kembali ke gedung tadi, Royal Albert Hall, adalah sebuah tempat pertunjukan yang berada di ujung utara area South Kensington di City Westminster, London, Inggris. Ratu Victoria sendirilah yang meresmikan gedung ini pada Maret 1871.

Awalnya, gedung tersebut bernama The Central Hall of Arts and Science. Nama tersebut kemudian diganti oleh Ratu Victoria untuk mengenang mendiang suaminya, Prince Albert.

Bayangkanlah, sebuah gedung berbentuk elips yang mampu menampung hingga 8.000 orang. Itulah Royal Albert Hall yang dirancang oleh arsitek Captain Francis Fowke dan Major General Henry Y.D. Scott dari Royal Engineers.

Namun, untuk menjamin keselamatan pengunjung, saat ini Royal Albert Hall hanya diperbolehkan menampung 5.544 orang. Aksis mayor dan minor gedung ini berukuran 83 m dan 72 m. Tinggi gedung ini, berikut atap berbentuk dome, adalah 41 m.

Pada 2004, struktur yang terdiri dari bata dan terakota berbentuk hampir seperti amphitheatre ini mengalami renovasi. Renovasi tersebut menghabiskan 70 juta poundsterlling. Renovasi tersebut tidak hanya "membedaki" gedung. Selain peremajaan, gedung ini juga mendapat tambahan lantai bawah tanah dan "teluk" untuk membongkar muatan barang.

(Sumber: http://english.samaylive.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com