James Bond ala Mendes

Kompas.com - 07/11/2012, 06:27 WIB
Editor

Oleh: Muhammad Zulfadli

Kompasiana: cuba

Film ”Skyfall” dirilis bertepatan dengan 50 tahun film James Bond, agen rahasia fiksi 007 asal Inggris ciptaan Ian Fleming. ”Skyfall” adalah edisi ke-23 sejak rilis perdana Bond tahun 1962.

Film yang ditawarkan di momen emas tentu menjanjikan hal yang menarik dan baru dari edisi sebelumnya. Benar saja, sekuel berdurasi 143 menit dan menghabiskan 143 juta dollar AS ini menuai banyak pujian, termasuk dari kritikus yang tak ramah dengan pendekatan James Bond sebelumnya.

Kali ini karakter James Bond masih dipercayakan kepada Daniel Craig yang tampil lebih realistis sebagaimana manusia lain di planet ini. Bisa dimaklumi, “Skyfall” digarap oleh sutradara yang juga asal Inggris, Sam Mendes. 

Di film ini, penonton tidak lagi disuguhi dominannya ”scene” aksi heroik dengan sisi modern Bond yang memang menjadi ”trademark”: mobil mewah, ”bond girls”, dan paralatan canggih. Bagi saya, ini adalah cara jitu mengantisipasi tebakan alur cerita Bond yang sangat konsisten menonjolkan aksi pertarungan, tetapi boleh jadi malah menjemukan.

Selain itu, Mendes juga menawarkan pendekatan melankolis, tetapi berkelas. Mana pernah kita melihat Bond mengeluarkan air matanya? Di sekuel ini, Mendes membawa penonton untuk melihat Bond jauh ke belakang, melewati masa kecilnya yang kelam.

Penonton diajak menikmati sisi-sisi manusiawi Bond yang belum pernah diekspos. Adegan semakin dramatis dengan vokal kuat Adele yang berkesempatan mengisi ”soundtrack” kali ini.

Simak pula kiprah aktor Spanyol, Javier Bardem, yang memerankan karakter Silva. Javier benar-benar menjadi rival sepadan Bond dalam kisah ini. Tidak hanya mempunyai kekuatan fisik, Silva adalah seorang psikopat flamboyan berambut pirang yang genius, sadis, bengis, tanpa rasa manusiawi.

Pemeran pendukung lain juga tampil di atas rata-rata dan mengimbangi. Judi Dench tak diragukan lagi memainkan Emma, bos dari Bond. Naomi Harries tampil segar dan menggoda sebagai Eve. Lalu Ben Wishlaw yang memerankan Q juga tidak kaku beradu akting dengan bintang kawakan.

Menebus rupiah dan mengorbankan waktu panjang untuk duduk di gedung bioskop menyaksikan film ini dijamin tak sia-sia.

[http://kom.ps/AChFF0]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.