Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jhody: Tanpa Gelar, Soekarno-Hatta Sudah Pahlawan

Kompas.com - 08/11/2012, 07:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis yang juga komedian Jhody "BEJO" punya penilaian sendiri mengenai Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Moch Hatta yang akhirnya mendapat gelar Pahlawan Nasional melalui prosesi upacara di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2012).

Menurutnya, tanpa disahkan sebagai Pahlawan Nasional, kedua Bapak Proklamator tersebut sejatinya adalah pahlawan Indonesia.

"Enggak usah dikasih gelar Pahlawan Nasional, kita sudah tahu kok mereka berdua memang pahlawan," kata Jhody saat berbincang melalui telepon genggamnya di Jakarta. "Dari mulai nama jalan, sampai Iwan Fals pun buat lagu Hatta," lanjutnya.

Tapi dalam benak pria berkepala plontos ini muncul sebuah pertanyaan, mengapa setelah bangsa ini merdeka selama 68 tahun, Soekarno-Hatta baru diangkat sebagai Pahlawan Nasional.

"Cuma entah apa masalahnya kok baru sekarang ditetapkannya sebagai Pahlawan Nasional?" tanya Jhody.

Terlepas dari hal tersebut, bagi Jhody penghargaan itu tidaklah terlambat. "Tapi tidak ada kata terlambat untuk yang terindah dari yang terbaik. Sejarah membuktikan bagaimana Indonesia Raya tercinta ini ada karena mereka berdua ada di sini. Sekali merdeka, tetap merdeka," pungkas Jhody bersemangat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com