Karier Bersinar, Ini Pengorbanan Soimah

Kompas.com - 09/11/2012, 07:19 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Karier tak hanya menuntut kerja keras, tetapi juga pengorbanan. Soimah Pancawati (31), pesinden asal Bantul, Yogyakarta, itu pun mengalaminya. Ia mengisahkan, dulu saat masih di Yogyakarta, setiap pulang malam anaknya bertanya kenapa pulangnya malam. Sekarang, ketika namanya kian melambung dan ia menerima kontrak di Jakarta, anaknya—Aksa Uyun Dananjaya (6) dan Diksa Naja Naekonang (3)—bertanya kenapa ia harus bekerja di Jakarta.

Hampir sepanjang waktu ia harus berpisah dengan dua buah hatinya. Beruntung, stasiun televisi yang mengontraknya memberi waktu yang cukup agar dia dapat berkumpul dengan anak-anaknya di Yogyakarta.

Meski hanya satu minggu setiap bulan menemani dua buah hatinya, Soimah tak lagi serisau dulu. Kedua buah hatinya itu sudah dapat memahami bahwa ia harus bekerja cukup jauh dari mereka.

Dengan cara sederhana dan dapat dipahami ia coba memberi pengertian tentang mengapa ia harus bekerja di Jakarta. ”Kalau ibu bekerja di Jakarta, ibu bisa beli boneka Batman, dapat sekolah,” kata Soimah menjelaskan salah satu cara dia membujuk kedua anaknya.

Saat ini, selama ditinggal bekerja di Jakarta, kedua anak Soimah tinggal bersama kerabat mereka. ”Saya lebih percaya kepada mereka daripada kepada pembantu,” kata Soimah. (JOS)

 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.