Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Integritas Lewat Musik

Kompas.com - 13/11/2012, 22:48 WIB

Menjalankan integritas profesi hukum adalah sebuah keharusan. Masalah integritas bukanlah sekedar slogan manis semasa kuliah. Integritas profesi hukum yang bersih dan berwibawa, sudah sepatutnya diimplementasikan ke dalam aktivitas nyata.

Semangat itulah yang hendak lebih digaungkan oleh Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FH UI). Dengan mengedepankan integritas yang tinggi dalam beraktifitas di ranah profesi hukum, ILUNI FHUI berharap hal tersebut akan bisa membangun peradaban sistem hukum yang lebih baik di negeri ini.

Melli Darsa, ketua ILUNI FHUI, mengatakan untuk menyemaikan benih integritas, pihaknya akan mengemas lewat medium yang cair. Tidak memilih diskusi atau ceramah yang akan membuat kernyit dahi. ''Kami akan sajikan lewat pementasan musik, dengan tajuk Konser Integritas. Dengan pendekatan musik, kami berharap pesan itu bisa menyelusup dengan lebih elegan. Semua orang bisa menikmati dan menerima pesan yang hendak kami sampaikan,'' kata Melli, lawyer yang pernah mencalonkan diri menjadi pimpinan KPK ini.

Konser Integritas akan menampilkan Musisi terdepan Indonesia ; Glenn Fredly dan Once yang ternyata almumni FH UI 1989! Juga musisi legendaris negeri ini, Yockie Soeryo Prayogo. Bertempat di Nusa Indah Theater, Balai Kartini, Jakarta, Rabu malam 28 November 2012. Yang menarik, konser ini akan menghadirkan senior alumni FH UI Amir Syamsuddin, Menteri Hukum dan HAM RI, sebagai keynote speaker. “Kami ingin mengemas konser yang mengalir, namun juga punya muatan profesi kami,” ujar Melli.

Konser untuk Masyarakat Luas

Konser dengan persiapan yang serius ini, diklaim Melli, sebagai hajatan terbesar yang pernah dilakukan oleh ILUNI FHUI di luar kampus. “Ini Konser untuk umum loh. Apresiasi Musik dan pesan moral politik kami sampaikan dengan santun dan hangat.”  Diharapkan aktivitas ini, bisa menghimpun sejumlah dana. ''Dana yang terkumpul akan kami gunakan untuk menjalankan kegiatan pendidikan hukum, termasuk diantaranya membantu alumni yang ingin melanjutkan studi,'' kata alumni FHUI angkatan 1985 ini.

Sementara itu Sekretaris Umum ILUNI FHUI, Mohamad Kadri, menjelaskan konser ini sengaja mempersembahkan Glenn Fredly dan Once sebagai magnit bagi masyarakat luas. Tentunya termasuk mahasiswa dan para Lawyer untuk mendukung visi dan misi konser ini. Menurut Kadri yang saat ini menjalani profesi Lawyer sekaligus Pemusik Rock itu, Konser Integritas akan berdurasi 2 jam. Selama rentang waktu tersebut, pihaknya akan menampilkan sejumlah gimmick. ''Akan banyak kejutan. Yang pasti tak hanya sekedar menampilkan konser musik, tapi juga tokoh panutan masa depan,'' ujarnya. Apakah Gubernur DKI, Joko Widodo misalnya? “Sudah kami approached, kita lihat saja nanti,” ujar Kadri tersenyum.

Penampilan bersama Glenn Fredly dan Once adalah kali pertama di panggung. ''Mereka akan mengadakan kolaborasi di penghujung acara,” ujar Kadri lagi. Konser Integritas juga akan menampilkan Musisi dan Konduktor musik Pop Klasik yang masih dirahasiakan namanya. Bahkan untuk memperkuat pesan integritas, akan hadir beberapa reportoar dengan nuansa kebangsaan dan cinta tanah air. ''Mungkin inilah saatnya, musik juga berperan aktif memberikan inspirasi bagi visi dan misi anasir integritas di dalam profesi hukum, '' tandas Melli Darsa, menutup pembicaraan.

Muhammad Akbar / Seno M. Hardjo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com