Kain Tenun dan Ulos untuk Pernikahan Olla Ramlan Sudah Selesai

Kompas.com - 18/11/2012, 15:35 WIB
EditorAti Kamil

MEDAN, KOMPAS.com -- Perajin ulos Torang Sitorus baru saja menyelesaikan kain tenun dan ulos ragi hotang yang akan dikenakan pada pernikahan pembawa acara yang juga artis peran Olla Ramlan dengan Aufar Hutapea.

Kain tenun itu merupakan karya kedua yang ia buat untuk keluarga Hutapea. Untuk Olla, kain tersebut akan dipadukan dengan kebaya karya perancang kebaya Anne Avantie.

Dalam karya terbarunya, Torang seperti biasa menunjukkan identitasnya sebagai perajin ulos yang menabrak pakem. Untuk acara akad nikah Olla-Aufar, yang akan diadakan di Jakarta pada 16 Desember 2012, Torang membuat kain tenun untuk sarung berwarna silver.

"Sewaktu rapat bersama pengantin dan keluarganya, Olla bilang dia ingin ciri khas Batak terasa dalam akad nikahnya. Tapi, dia mau kesannya tetap modern," kata Torang, yang ketika dihubungi pada Sabtu (17/11/2012) sedang berada di Bali untuk sebuah pameran.

Torang mengatakan pula, Olla meminta agar kain yang akan dikenakan oleh kedua pengantin dan keluarga cenderung putih, mengikuti kebiasaan busana pernikahan nasional dan internasional. Selebihnya, Olla memercayakan penanganannya kepada Torang.

Setelah beberapa kali gagal mendapatkan warna perak yang diinginkan selama dua bulan pengerjaan bersama para penenun di Tarutung dan Porsea (Sumatera Utara), akhirnya 10 kain tenun pun rampung. Ulos ragi hotang, yang akan diserahkan keluarga kepada pengantin, juga sudah selesai dan tinggal dikirim ke Jakarta. (ton/Rachmat Hidayat)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.