Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Konser Integritas" Akan Digelar, Jokowi Diharapkan Naik Pentas

Kompas.com - 20/11/2012, 20:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Untuk menyatakan integritas mereka dalam melawan korupsi dan mengajak sebanyak-banyaknya orang lain untuk juga memiliki integritas, Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) tak memilih melalui orasi yang sudah biasa itu. Mereka akan mengutarakannya dengan merdu melalui Konser Integritas, yang digelar untuk umum di Nusa Indah Theater, Balai Kartini, Jakarta Selatan, 28 November 2012 malam.

Vokalis band KadriJimmoSOUNDSCAPE yang juga Sekjen ILUNI FHUI 2012-2015, Mohamad Kadri, menerangkan bahwa ide menggelar Konser Integritas muncul dari kondisi nasional negeri ini kini, terutama yang berkenaan dengan korupsi. "Menurut pribadi saya, aktivitas anti korupsi seharusnya jangan dengan cara militan saja, tapi juga bisa dengan cara yang lebih rileks,"tutur Kadri dalam wawancara di kantor Redaksi Kompas.com, Jakarta, Selasa (20/11/2012) siang.

Sebagai artis musik, Kadri memilih untuk tidak berorasi. Bersama dua vokalis lain, Elfonda Mekel atau Once dan Glenn Fredly, Kadri menggagas Konser Integritas. "Terus saya bilang sama Once, 'Gimana kalau bikin suatu gerakan yang enggak terlalu anti korupsi, karena nanti yang datang akan beda (segmen). Kita bikin yang menghibur'," jelas Kadri. "Yang penting acara ini seperti pedang bermata dua, yang satu tentang integritas dan yang satu adalah hiburan," timpal Once, yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris II ILUNI FHUI 2012-2015.

Agar penyampaian pesan anti korupsi tak terlalu kaku, Once menggunakan jurus khusus dengan tetap menyanyikan lagu-lagu cinta seperti dalam pertunjukan-pertunjukannya yang lain. "Kalau saya kan lagu-lagunya bukan seperti lagunya Iwan Fals, saya kan lagu cinta. Jadi, acara ini menghubungkan antara tema dengan musik, tapi enggak berhubungan secara langsung. Jadi, selain musik nanti akan ada speech yang menggugah orang aware terhadap nilai integritas, (lagu dan pesan) ini dari saya," jelas Once.

Konser itu akan menjadi kerja sama pertama Once dengan Glenn. "Dan, ini adalah kali pertama saya sepanggung dengan Glenn, kecuali di gereja nyanyi bareng juga sudah pernah," ujar Once.

Kerja sama antara Once dengan pemusik senior Yockie Suryo Prayogo juga tak bisa dilewatkan. "Kebetulan saya ingat bahwa alumni Fakultas Hukum berumur di atas saya, mereka cocok dengar musik dari pemusik seangkatan Mas Yockie," terang Once lagi. "Dan, kalau enggak salah, Mas Yockie ini tergabung dalam organisasi Anti Politikus Busuk. Jadi, ini pas dan nyambung saja," timpal Kadri.

Yang diharapkan juga akan naik ke pentas Konser Integritas adalah Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi. Jokowi dijadwalkan akan bermonolog dengan kawalan alunan piano yang dimainkan oleh Addie MS. "Kemudian bola bersambut, Jokowi mau datang. Nanti dia akan memberikan monolog tentang pengalaman pertama dia sebagai Gubernur DKI Jakarta, juga tentang integritas clean government. Cuma, saya enggak bisa menjamin 100 persen Jokowi akan datang, walaupun nanti saat monolog akan ada Addie MS yang nemanin, dan dia (Addie) sih sudah stand by. Tapi, kalau tiba-tiba Jokowi dipanggil sama Presiden atau apa, kami kan enggak bisa apa-apa. Tapi, sejauh ini, sudah menyatakan (bersedia)," papar Kadri penuh harap.

Kadri optimistis, dengan penampilan Once dan Glenn, Konser Integritas akan mendapat tempat khusus. "Glenn saat bikin Konser Cinta (Cinta Beta) sama konser soal perjuangan (Indonesia) Timur itu beda. Glenn kemarin sukses dengan Konser Cinta, Once juga begitu. Glenn ada lagu tentang Jakarta. Kalau dia, bisa lebih fleksibel (memiliki lagu cinta dan lagu bertema sosial). Dan, Once dan Glenn ini paling tidak bisa menjadi ikon," kata Kadri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com