Sutradara "Detektif Conan" Berbagi Pengalaman

Kompas.com - 24/11/2012, 06:39 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kobun Shizuno, sutradara film animasi Detektif Conan, berharap pengalamannya berkecimpung di industri anime Jepang dapat memberi inspirasi bagi orang di Indonesia.

Pria yang pernah menjadi asisten sutradara anime Evangelion itu mengatakan dia baru memasuki industri animasi pada usia 26 tahun.

Sama sekali buta dengan dunia animasi, Kobun Shizuno menghabiskan setahun penuh untuk belajar gambar dan sedikit tentang grafis komputer.

"Bisa dibilang saya sangat terlambat karena baru belajar animasi pada usia 26, tapi karena kerja keras, belajar keras, umur tidak lagi jadi alasan. Saya masih bisa berkarya," kata dia saat menjadi pembicara di Seminar Konten Digital Internasional di Pekan Produk Kreatif Indonesia 2012, Jumat.

Kobun Shizuno sempat berkarier di Amerika Serikat dengan membantu menggarap animasi "GI Joe". Dia mulai bertanggungjawab atas film anime Detektif Conan sejak dua tahun lalu.

Pria yang juga menyutradarai  Fish of the Northstar Legend of Kenshiro itu juga pernah berkolaborasi dengan banyak seniman dari Amerika Serikat, Kanada, China, dan Nigeria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.