Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara "Detektif Conan" Berbagi Pengalaman

Kompas.com - 24/11/2012, 06:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kobun Shizuno, sutradara film animasi Detektif Conan, berharap pengalamannya berkecimpung di industri anime Jepang dapat memberi inspirasi bagi orang di Indonesia.

Pria yang pernah menjadi asisten sutradara anime Evangelion itu mengatakan dia baru memasuki industri animasi pada usia 26 tahun.

Sama sekali buta dengan dunia animasi, Kobun Shizuno menghabiskan setahun penuh untuk belajar gambar dan sedikit tentang grafis komputer.

"Bisa dibilang saya sangat terlambat karena baru belajar animasi pada usia 26, tapi karena kerja keras, belajar keras, umur tidak lagi jadi alasan. Saya masih bisa berkarya," kata dia saat menjadi pembicara di Seminar Konten Digital Internasional di Pekan Produk Kreatif Indonesia 2012, Jumat.

Kobun Shizuno sempat berkarier di Amerika Serikat dengan membantu menggarap animasi "GI Joe". Dia mulai bertanggungjawab atas film anime Detektif Conan sejak dua tahun lalu.

Pria yang juga menyutradarai  Fish of the Northstar Legend of Kenshiro itu juga pernah berkolaborasi dengan banyak seniman dari Amerika Serikat, Kanada, China, dan Nigeria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com