Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prestasi Adele Sejajar dengan Michael Jackson dan Madonna

Kompas.com - 29/11/2012, 13:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penjualan album peraih Grammy Adele, 21, menembus angka 10 juta kopi di Amerika Serikat.

Menurut Nielsen Soundscan, Adele menjadi perempuan Inggris pertama yang menembus angka tersebut. 21 dirilis Februari tahun lalu dengan single paling terkenal Someone Like You dan Rolling In The Deep.

Album miliknya juga menjadi yang terlaris tahun 2011. Awal 2012, Adele meraih enam Grammy, antara lain untuk lagu terbaik, rekaman terbaik, dan album tahun ini.

21 menjadi album ketiga yang mencapai angka 10 juta kopi. Dua lainnya diraih grup Linkin Park dengan "Hybrid Theory" dan penyanyi R&B Usher "Confessions".

Menurut Nielsen, Adele menjadi satu-satunya yang mencapai rekor itu hanya dalam waktu kurang dari dua tahun. "Penghargaan luar biasa," kata Adele melalui pernyataan seperti dikutip Reuters. "Terima kasih sebesar-besarnya untuk penggemar di Amerika sehingga album ini bisa terjual sebanyak itu."

21 akan mendapat sertifikat dari Recording Industry Association of America (RIAA) atas prestasinya itu. Album ini juga akan bergabung dengan album lainnya dari artis antara lain Michael Jackson, Madonna, dan The Beatles.

"Bakat unik Adele adalah hadiah untuk para penggemarnya. dan kesuksesannya akan mendapat sertifikat Berlian (Diamond)," kata CEO RIAA Cary Sherman.

Adele (24 tahun) kini menikmati kesuksesan dari single terbarunya Skyfall, yang juga menjadi soundtrack film James Bond dengan judul sama. Lagunya itu telah terjual 2 juta kopi di seluruh dunia.

Baca juga: 
- Kehidupan Kelam Adele Diungkap
- Di iTunes, Nyanyian Adele Geser "Gangnam Style"
- Song of The Year untuk Adele

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com