Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bung Karno yang Gaul...

Kompas.com - 01/12/2012, 03:32 WIB

Puti Guntur Soekarno (40) berusaha memasarkan gagasan kakeknya, presiden pertama RI Soekarno, dalam bentuk buku-buku gaul yang bisa dinikmati anak muda. Salah satu langkah awal Puti adalah memaksa ayahnya, Guntur Soekarnoputra, menerbitkan ulang buku Bung Karno Bapakku, Kawanku, Guruku yang pertama kali terbit tahun 1977, di masa Orde Baru.

”Banyak koleksi tulisan bapak. Ajaran Bung Karno tentang tat twam asi atau ’aku adalah kamu dan kamu adalah aku’ sangat aktual bagi kondisi sekarang agar kita belajar kesetaraan serta memanusiakan sesama,” ujarnya.

Menurut Puti, kisah kehidupan Bung Karno yang dilihat dari kacamata ayahnya, koleksi benda seni Bung Karno, dan lain-lain sangat penting dipahami generasi sekarang. ”Agar menyadari apa gagasan awal kemerdekaan Indonesia,” ujar Puti yang kini menjadi anggota DPR.

Puti berencana mengangkat kejenakaan, kenakalan, dan sisi manusiawi Bung Karno dalam proyek buku selanjutnya. Menurut dia, ratusan koleksi foto kehidupan Bung Karno yang dimiliki ayahnya sangat layak diketahui publik. Soekarno dalam rekaman kamera itu pernah dipamerkan awal tahun 2000-an, tetapi belum pernah dibukukan. (Ong)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com