Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar Luncurkan Kancing Merah

Kompas.com - 01/12/2012, 12:48 WIB
Tri Agung Kristanto

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Calon gubernur/wakil gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/Deddy Mizwar, Sabtu (1/12/2012), meluncurkan logo kampanye mereka, yaitu kancing merah yang diikat dengan benang putih, yang dinamai kancing beureum.

Peluncuran logo itu dilakukan di atas Kereta Api (KA) Parahyangan dalam perjalanan dari Stasiun Gambir, Jakarta, ke Stasiun Bandung. Peluncuran dilakukan dalam sebuah gerbong yang hanya dihadiri wartawan dan tim media pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar.

"Nanti kancing beureum akan dibagikan kepada masyarakat Jabar. Bajunya silakan masing-masing," kata Heryawan, yang kini masih menjabat Gubernur Jabar.

Kancing beureum berwarna merah, berlubang empat, dan diikat dengan benang warna putih. Warna merah dan putih diambil karena melambangkan bendera Merah Putih dan keindonesiaan.

Lubang empat melambangkan empat pilar berbangsa, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945, dan Pancasila. Kancing juga melambangkan ikatan yang mempersatukan.

Heryawan mengingatkan, pemilihan umum kepala daerah (pilkada) bukan hanya peristiwa politik, melainkan juga peristiwa budaya. Pilkada Jabar, dengan lima pasangan calon kepala daerah, adalah peristiwa budaya karena setiap calon menawarkan diri untuk menjadi pelayan masyarakat.

Deddy menambahkan, ia bersama Heryawan tak mungkin membangun Jabar sendiri. Mereka jelas memerlukan dukungan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com