Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Black October" Rugikan Vidi Aldiano

Kompas.com - 05/12/2012, 18:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemutusan aktivasi ring back tone (RBT) pada Oktober 2011, yang dikenal sebagai "Black October", diakui oleh Vidi Aldiano merugikan dirinya sebagai pencipta enam lagu dalam album mutakhirnya.

"(Pendapatan dari) RBT sebelumnya dapat, tapi enggak sebanyak sekarang. Aku sebagai penyanyi masih nutup (memeroleh pemasukan) dari off air. Tapi, sebagai penulis lagu, ya enggak bisa diharapkan karena mestinya dari RBT, apalagi aku nulis banyak di sana," ujar sang penyanyi dalam wawancara di sela jumpa pers Indosat-XL Luncurkan Pesta RBT dan iRing di Hard Rock Cafe Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Vidi merasa ruang geraknya untuk berkreasi menjadi terbatas, karena dananya berkurang sesudah bisnis RBT anjlok. "Bukan hanya dari finansial yang terganggu, tapi sebagai artis musik aku akui jadi terbatas anggaran, misalnya mau bikin video clip dan sisi kreatifnya," keluh Vidi.

Vidi berharap, Indosat-XL Luncurkan Pesta RBT dan iRing akan memulihkan bisnis RBT dalam industri musik Indonesia. "Kami sudah dikecewakan dengan pembajakan, gue sebagai seorang musisi optimistis RBT akan menambah revenue banyak pihak dan gue mendukung full track download (unduh lagu secara penuh)," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com