Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Indahnya Film "Life of Pi"

Kompas.com - 12/12/2012, 03:38 WIB

Oleh: Babeh Helmi
 Kompasiana: babeh_helmi

Cerita film ”Life of Pi” diangkat dari novel laris dengan judul yang sama karangan Yann Martel. Ceritanya sederhana, petualang¬an seorang Pi Patel yang selama setengah durasi film terjebak di lautan luas bersama seekor harimau.

Yann Martel memberi mandat ke Ang Lee untuk menyutradarai novelnya dengan memvisualisasikan keindahan, kedalaman, kebersahajaan, dan kebesaran Tuhan. Pada tahun 2009, Ang Lee menerima tawaran tersebut yang dilanjutkan dengan proses praproduksi setahun kemudian.

Berbicara tentang gambar-gambar indah ”Life of Pi”, dari awal pemutaran film, penonton sudah disajikan gambar-gambar dengan sudut pandang film yang keren. Penata kamera Claudio Miranda mengambil ”angle” untuk adegan-adegan di India dengan sangat indah. Apalagi jika menontonnya dalam format tiga dimensi (3D).

Perhatikan saat adegan Diwali atau Deepavali (festival cahaya). Ratusan lilinnya tergambar indah. Belum lagi adegan-adegan ”flashback” di kelas ataupun di Perancis.

Perhatikan juga adegan saat Pi melihat kapal besar yang tenggelam, lalu melihat ke dalam laut, dan adegan laut yang tenang dipenuhi cahaya dan penuh warna. Semuanya tergambar begitu indah.

Anda yang sudah nonton pasti sepakat kalau Ang Lee telah membuat sebuah ”masterpiece” dalam visualisasi film.

Akting Suraj Sharma yang memerankan tokoh Pi layak mendapat acungan jempol. Suraj adalah aktor baru yang ditemukan oleh Ang Lee dalam proses pencarian pemeran untuk film ini. Berkat ketelatenan Ang Lee dalam penyutradaraan, Suraj mampu berakting seorang diri dengan penghayatan tinggi.

Selain itu, jangan lupakan komposisi musik dari Mychael Danna yang ikut membius penonton. Bekerja sama dengan legenda penyanyi India, Bombay Jayashri, Danna membuat lagu ”Pi’s Lullaby” terdengar kian syahdu.

Peran editor film Tim Squyres juga menjadi kunci sukses film Pi. Berkat tangan dinginnya, penyuntingan film dilakukan sangat halus sehingga penonton tetap nyaman duduk menonton film yang berdurasi lebih dari dua jam ini. [http://kom.ps/ADGSt5]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com