Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Perginya" Si Pendekar Sitar Ravi Shankar

Kompas.com - 13/12/2012, 00:54 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com--Pemain Sitar dan Komposer Ravi Shankar, yang membantu memperkenalkan sitar ke dunia Barat melalui kolaborasi dengan The beatles, meninggal dunia tak jauh dari kediamannya di bagian selatan California. Dia meninggal dunia pada usia 92 tahun.

Shankar, pemenang tiga kali penghargaan Grammy sebagai terlegendaris pada 1967 di Festival Monterey dan Woodstock, sakit selama beberapa tahun terakhir dan Kamis lalu menjalani operasi, kata keluarganya.

"Meskipun ini adalah waktu yang sangat menyentuh dan menyedihkan, saat ini juga merupakan waktu bagi kami semua untuk bersyukur bahwa kami memiliki dia sebagai bagian dari hidup kami," kata keluarga.

Dia akan hidup selamanya di dalam hati kami dan dalam musiknya," kata keluarga.

Pernyataan tersebut mengatakan Shankar telah menderita sakit pernapasan dan masalah jantung selama beberapa tahun dan menjalani operasi penggantian katup pekan lalu.

Operasi tersebut berhasil tetapi dia tidak dapat pulih.

"Sayangnya, meskipun upaya terbaik dari para ahli bedah dan dokter rawatnya, tubuh Shankar tidak mampu menahan ketegangan operasi, kami berada di sisinya saat ia melewati maut," kata istrinya Sukanya dan putri mereka Anoushka.

Shankar tinggal di dua negara India dan Amerika Serikat. Dia juga memiliki putri, yang memenangkan penghargaan Grammy menyanyi Norah Jones, tiga cucu dan empat cicit.

Shankar melakukan konser terakhi dengan putrinya Anouskha Shankar pada 4 November di Long Beach, California. Malam sebelum dia menjalani operasi, Shankar dinominasikan untuk penghargaan Grammy atas album barunya "The Living Room Session, Part 1".

Shankar dipuji karena mempopulerkan musik India melalui karyanya dengan pemain biola Yehudi Menuhin dan The Beatles pada 1060an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com