Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Legislator PAN dan Demokrat Kembali Incar Kursi DPR 2014

Kompas.com - 18/12/2012, 13:09 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Amanat Nasional mengikutsertakan seluruh anggotanya yang menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 mendatang. Namun, para anggota dewan itu tetap harus melakukan beberapa langkah yang sudah ditetapkan internal partai.

"Sebagian besar anggota Fraksi PAN akan mencalonkan diri kembali di Pileg 2014, sesuai dapilnya masing-masing," ujar Wakil Ketua Fraksi PAN Viva Yoga Mauladi, Selasa (18/12/2012), di Jakarta.

Berdasarkan catatan, Fraksi PAN memiliki 46 kursi di DPR. Jumlah itu merupakan terbesar kelima setelah Fraksi Partai Demokrat (148 kursi), Fraksi Partai Golkar (106 kursi), Fraksi PDI-Perjuangan (94 kursi), dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (57 kursi).

Menurut Viva, para anggota dewan itu tetap harus melakukan proses seleksi. Proses seleksi itu, lanjutnya, yakni setiap bakal caleg yang sudah mendaftar diberi kewajiban untuk melakukan sosialisasi diri dan membuat program pemenangan pemilu di dapilnya masing-masing. Selain itu, setiap bakal caleg akan dinilai kinerjanya di dapilnya masing-masing melalui sistem scoring sesuai dengan pedoman organisasi tentang pencalegan secara transparan dan obyektif.

"Bakal caleg juga akan diverifikasi data dan dinilai integritas dan kepribadian, serta kapasitas dan track record kinerjanya selama di PAN," ucap anggota Komisi IV DPR ini.

Ia menuturkan, jika bakal caleg yang masuk sebagai kategori tokoh diwajibkan untuk mendulang suara di luar basis konstituen PAN dan membuat jaringan sendiri di luar jaringan partai.

"Dengan demikian diharapkan mesin partai akan berjalan dan masyarakat dapat mengenal lebih dekat dengan caleg PAN," imbuh Viva.

Saat ini, partai-partai mulai mempersiapkan diri membuka pendaftaran calon legislatif yang akan bertarung dalam Pileg 2014. Namun, pertarungan Pileg diperkirakan akan kembali didominasi muka-muka lama, para anggota Dewan yang saat ini sudah menjadi politisi Senayan. Selain PAN yang mengikut sertakan anggota DPR dari Fraksi PAN kembali menjadi caleg, Partai Demokrat juga melakukan langkah serupa.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua sempat mengatakan bahwa seluruh anggota dewan dari Partai Demokrat akan dicalonkan kembali dalam Pileg 2014 mendatang. Untuk menjaga integritas kader, politisi Demokrat diwajibkan menandatangi pakta integritas yang akan menjauhkan para kader Demokrat dari perbuatan melanggar hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com