Sekuel "The Raid" Segera Diproduksi

Kompas.com - 20/12/2012, 16:27 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Rumah produksi Merantau Films secara resmi mengumumkan akan memulai proses shooting The Raid 2: Berandal. Tak banyak perubahan yang berarti dari pendukung film ini. Sutradara masih dipercayakan kepada Gareth Evans, sementara penata laga pada Iko Uwais dan Yayan Ruhian.  Ario Sagantoro masih akan menjadi produser.

Dikatakan Toro, proses pra-produksi sudah dilaksanakan, seperti meninjau lokasi shooting yang telah dilakukan selama tiga bulan. Sejumlah pemain pendukung pun sudah kelar dilakukan, yakni dengan melakukan audisi besar-besaran untuk menyaring bintang utama juga mencari fighter-fighter baru.

"1 Oktober sudah syukuran dan melakukan pra-produksi selama tiga bulan, cari lokasi, koreo, shoot-shoot-nya, benar-benar jauh lebih pusing di praproduksi. Kita siap start shooting di awal tahun depan," jelasnya  saat melakukan jumpa pers di Kantor Merantau Films, Jakarta, Kamis (20/12/2012).

The Raid 2: Berandal sebenarnya proyek lama dari Merantau Films. Sebelum membuat The Raid, film ini telah dirancang terlebih dahulu. Sayang banyak adegan yang saat itu belum bisa dilakukan dan butuh biaya yang sangat besar. The Raid 2 pun sempat tertunda selama tiga tahun lamanya.

Dengan keuntungan yang diraih dari The Raid, Merantau Films memutuskan untuk kembali mengerjakan proyek tersebut. Jika The Raid menelan biaya hingga 1 juta dollar AS, maka sekuelnya menghabiskan biaya hingga tiga kali lipatnya.

"Jangan dilihat dari mahalnya. Proses shooting memakan waktu enam bulan, biaya yang tiga kali lipat jika dibagi senam bulan sama saja dengan produksi lain," tambah Toro.

Namun jangan berharap film ini bisa disaksikan dalam waktu dekat ini. Sebab, pihaknya baru akan merilis film tersebut pada tahun 2014. Sebelum diputar di hadapan publik Indonesia, film ini nantinya akan mengikuti berbagai festival di luar negeri seperti pendahulunya, The Raid.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.