Kompas.com - 21/12/2012, 20:50 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

SEOUL, KOMPAS.com — Video "Gangnam Style" dari rapper Korea Selatan, PSY, yang dimuat di media sosial YouTube praktis telah dibuka hampir satu miliar orang. Kantor berita AP, Jumat (21/12/2012), melaporkan, sampai pukul 13.00 GMT atau pukul 20.00 WIB, tercatat 998,1 juta orang sudah membuka video "Gangnam Style", gaya dansa seperti orang sedang menunggang kuda itu.

Jumlah hampir satu miliar orang yang membuka video ini di YouTube adalah sebuah fenomena karena gambar "Gangnam Style" baru dimuat di YouTube pada bulan Juli 2012. Jumlah tersebut diyakini segera terlampaui.

Para penikmat "Gangnam Style" praktis mengalahkan semua rekor sebelumnya. Video ini juga menarik minat banyak orang, mulai dari penyanyi pop Madonna sampai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki Moon.

"Gangnam Style" ini juga banyak diadopsi pada berbagai peristiwa besar dunia, seperti pada saat kampanye dan pemilihan presiden Amerika Serikat pada awal November, dan bagian dari ilustrasi berkaitan dengan kalender suku Maya yang menyatakan akan terjadi kiamat pada 21 Desember 2012.

Sebelum ini, para peminat video di YouTube dipegang oleh Justin Bieber dengan judul video "Baby". Panyanyi asal Kanada ini sampai Jumat (21/12/2012) sudah dilihat lebih dari 812 juta orang.

Popularitas "Gangnam Style" sejauh ini sudah mendatangkan iklan senilai 8,1 juta dollar AS bagi YouTube dan berbagai tampilan iklan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.