Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Diarak 250 Orang

Kompas.com - 31/12/2012, 18:23 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 250 orang akan mengarak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat meninjau Jakarta Night Festival (JNF) dari Gedung Balaikota Jakarta sampai panggung utama di bundaran Hotel Indonesia (HI), Senin (31/12/2012) malam. Rombongan pengarak ini merupakan peserta festival dari beberapa komunitas kesenian di Jakarta.

Kepala Bidang Pengelolaan Destinasi Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Ida Zubidah menjelaskan, para peserta karnaval terdiri dari pelajar, dan pecinta seni kebudayaan. Seluruhnya akan menampilkan budaya khas daerah berupa pakaian adat ataupun seni tari.

Para peserta karnaval, khususnya yang akan mengarak Jokowi didomminasi oleh pelajar atau warga yang berdomisili di DKI Jakarta. Namun demikian, budaya yang nantinya akan ditonjolkan tak hanya sebatas kebudayaan dari Betawi, tetapi juga budaya lain seperti Dayak, Tari Bali, Papua, Aceh, Barongsay, dan lain sebagainya.

"Kalau bicara soal Jakarta ini, bukan hanya bicara soal Betawi. Karena di Jakarta ini semua budaya ada," kata Ida, di Balaikota Jakarta, Senin.

Ida mengatakan, arak-arakan ini akan bertolak dari Balaikota pada pukul 21.00 WIB. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga akan didamping Forum Pimpinan Musyawarah Daerah. "Ini memang cukup dadakan, karena baru pertama kali. Kita coba buat kemeriahan on street di malam tahun baru," ujarnya.

Seperti diberitakan, menyambut malam pergantian tahun, warga Jakarta akan tumpah di JNF yng digelar di jalur Car Free Night (CFN) dari Sudirman-Thamrin sampai Medan Merdeka Barat. Ada 16 panggung hiburan dalan JFN yang serentak dimulai pukul 21.00 WIB.

Sebanyak 1.000 orang peserta karnaval juga akan meramaikan acara ini. Puncaknya, Jokowi akan memimpin hitung mundur detik-detik pergantian tahun di panggung utama yang berdiri di bundaran HI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com