Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klip Video Baru Bowie Hadirkan Berlin Sebelum Disatukan Lagi

Kompas.com - 09/01/2013, 22:14 WIB

LONDON, KOMPAS.com -- Setelah hampir satu dekade tidak menelurkan lagu baru, penyanyi asal Inggris David Bowie membuat kejutan pada hari ulang tahunnya yang ke-66, 8 Januari 2013.

"Where Are You Now?" dikerjakannya besama rekan lamanya, produser Tony Visconti. Lagu melankolis itu melihat ke belakang ketika Bowie menghabiskan waktunya di Berlin pada 1970-an. Dalam klip video lagu itu dimuat juga gambar hitam putih Berlin ketika bagian barat dan bagian timur kota tersebut belum disatukan kembali.

Label tempat Bowie bernaung, Columbia Records, mengatakan single itu "harta" yang "seperti muncul begitu saja", penuh kejutan. "Di antara bayang-bayang dan menghindari industri, itu 'David Bowie banget'," katanya, dikutip oleh Reuters.

Single tersebut rencananya akan dimuat dalam album studio pertama Bowie sejak 2003, The Next Day. Album itu akan berisi 14 lagu dan dalam edisi "deluxe"-nya akan ada bonus tiga lagu lagi. Album tersebut akan dirilis di Australia pada 8 Maret 2013 dan Amerika Serikat 12 Maret 2013.

Bowie absen nyaris selama satu dekade. Itu membuat surat kabar di Inggris menyebut ia telah pensiun dari dunia musik.

Album terakhir Bowie yang memuat materi baru keluar satu dekade lalu, Reality. Setelah itu, ia menjalani operasi jantung pada 2004, ketika ia sedang tur. Penampilan terakhir Bowie di panggung pun dilakukannya di sebuah konser amal pada 2006. (nta/Suryanto)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com