Kaum Muslim Tionghoa Laporkan Farhat Abbas ke Polisi

Kompas.com - 10/01/2013, 22:43 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengacara publik, Farhat Abbas, kembali dilaporkan ke polisi terkait "kicauannya" di Twitter pada Rabu (9/1/2013). Kali ini Farhat dilaporkan oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI).

Sebelum laporan PITI itu, Komunitas Intelektual Muda Betawi (KIMB) dan Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI), Kamis (10/1/2013) siang, juga melaporkan Farhat atas pernyataannya soal sikap Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Farhat juga menyinggung masalah etnis Basuki.

"Tujuannya memberi pelajaran. Kita terdiri dari ribuan suku dan mayoritas Islam. Islam saja tidak membedakan manusia berdasarkan rasis dan diskriminasi," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PITI Anton Medan saat melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Polda Metro Jaya, Kamis.

Dalam laporannya, PITI menyebut Farhat melakukan tindak pidana dan melanggar Pasal 4 huruf b angka 1 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis serta Pasal 28 Ayat 1 jo Pasal 45 Ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. PITI menyatakan bahwa seharusnya pendapat Farhat terkait pelat nomor pejabat DKI Jakarta tidak menyinggung masalah etnis dengan penekanan menggunakan tanda seru. Menurut PITI, pernyataan itu dapat menunjukkan kebencian kepada etnis tertentu.

Dalam kesempatan tersebut, Anton menilai Farhat tidak pantas mencalonkan diri menjadi presiden RI sebab tidak paham konsep kebangsaan dari negara Indonesia yang beraneka ragam. "Jadi, pengacara tidak paham konsep kebangsaan, orang gitu (Farhat) enggak bisa nyalon jadi presiden," seloroh Anton yang memiliki nama lain Ramdhan Effendi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X