Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Aktor dan Aktris Terbaik Versi Golden Globe 2013

Kompas.com - 14/01/2013, 12:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Golden Globe Awards 2013 telah mengumumkan aktor dan aktris terbaik tahun ini. Siapakah mereka? Adalah Daniel Day-Lewis (55) aktor kebangsaan Inggris yang berhasil menyabet Aktor Terbaik (untuk kategori Drama) melalui film arahan Steven Spielberg  Lincoln.

Ia berhasil menyingkirkan saingan lainnya, yakni Denzel Washington (Flight), Richard Gere (Arbitrage), John Hawkes (The Sessions), dan Joaquin Phoenix (The Master).

Peran Daniel sebagai mantan Presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln, memang menuai banyak pujian dari pengamat film. Kemenangan ini juga telah diprediksi banyak pihak dan terbukti keakuratannya pada malam penganugerahan yang digelar di Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat, Minggu (13/1/2013) atau Senin (14/1/2013) pagi WIB.

Lincoln sendiri bercerita mengenai perjuangan Presiden Lincoln pada tahun 1865 untuk mengupayakan Amandemen Ketiga Belas Konstitusi AS. Film telah ini  dirilis di beberapa negara dan kota tertentu pada 16 November 2012.

Di kategori Aktor Terbaik (Musikal atau Komedi), pilihan jatuh kepada Hugh Jackman (Les Miserables). Ia menyisihkan Jack Black (Bernie), Bradley Cooper (Silver Linings Playbook), Ewan McGregor (Salmon Fishing in the Yemen), dan Bill Murray (Hyde Park on Hudson)

Sementara Jessica Chastain (35) berhasil meraih penghargaan Aktris Terbaik (Drama) melalui film  Zero Dark Thirty. Dalam film yang memburu Osama Bin Laden itu, Jessica bermain sebagai Maya seorang petugas CIA.

Jessica berhasil mengalahkan kandidat lainnya yaitu Sarion Cotillard (Rust and Bone), Helen Mirren (Hitchcock), Naomi Watts (The Impossible), dan Rachel Weisz (The Deep Blue Sea). Sedangkan untuk Aktris Terbaik (Musikal atau Komedi) diberikan kepada Jennifer Lawrence lewat filmnya Silver Linings Playbook.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com