Nadine Chandrawinata Belajar Batik di Solo

Kompas.com - 18/01/2013, 14:08 WIB
EditorAti Kamil

SOLO, KOMPAS.com -- Mantan Puteri Indonesia Nadine Chandrawinata sedang jatuh cinta kepada batik. Dara kelahiran 8 Mei 1984 ini pun datang ke Solo, Jawa Tengah, untuk belajar membatik. Ia berencana membuat motif batik sendiri untuk kemudian dipasarkan.

Puteri Indonesia 2005 dari DKI Jakarta ini mengaku telah belajar membatik di Kampung Batik Laweyan, Kecamatan Laweyan. Di sentra kerajinan batik terbesar di Solo itu ia menimba pengetahuan mengenai motif batik, baik yang dicetak, dicap, maupun yang ditulis.

"Kemarin saya ke Solo belajar batik. Rencananya mau bikin motif batik sendiri buat dipasarkan," kata Nadine saat berada di Solo, Kamis (17/1/2013).

Wakil Indonesia dalam Miss Universe 2006 di Los Angeles, AS, ini pun mengaku masih belum mahir membatik sehingga perlu lebih banyak belajar.

Nadine menuturkan, motif batik yang ingin dibuatnya adalah motif tentang alam, baik tumbuhan, bunga, hewan, atau pemandangan alam. Ia menyukai motif-motif tersebut sesuai dengan kesukaannya akan kegiatan di alam, terutama menyelam. "Saya pikir motif-motif batik tentang alam masih sangat minim, jadi pasti menarik," terangnya. (Ikrob Didik Irawan/Fajar Anjungroso)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.