Karena Tak Nyaman, Beyonce Pilih "Lipsync"

Kompas.com - 23/01/2013, 19:45 WIB
EditorAti Kamil

WASHINGTON, KOMPAS.com -- Beyonce menyanyikan lagu kebangsaan AS, The Star Spangled Banner, dalam upacara pelantikan Presiden AS, Barack Obama, di Washington DC, Senin (21/1/2013) waktu setempat. Atas penampilannya itu, ia telah menerima pujian luar biasa, termasuk media, dari  Business Insider (yang menilai, "It was just amazing") to TMZ ("f*cking awesome").

Tapi, menurut para penyimak langsung dari dekat, ternyata Beyonce tidak bernyanyi secara live. Bagi para pewarta yang duduk di bawah podium, di depan Marine Corps Band, tampak jelas bahwa band tersebut  tidak benar-benar memainkan lagu itu--meski pengarah band tersebut, Kolonel Michael J Colburn, menjalankan tugasnya sebagai konduktor dengan penuh semangat dan para anggota band itu berpura-pura meniup instrumen mereka. Secara terpisah, dalam penampilannya tiba-tiba Beyonce terlihat melepas perlengkapan sound dari salah satu telinganya.

Bagaimana sebenarnya Beyonce menyanyi dalam upacara tersebut sesungguhnya telah ditunjukkan sendiri oleh Beyonce. Pada Minggu (20/1/2013) waktu setempat, sehari sebelum upacara itu, Beyonce mengunggah foto-fotonya ke akun Instagram-nya untuk menunjukkan ia berada di sebuah studio rekaman.

Foto yang satu memerlihatkan ia memegang salinan dari lembaran musik "The Star Spangled Banner" di depan sebuah mikrofon yang terpasang pada perangkat rekaman. Foto yang lain menunjukkan ia duduk di depan alat perekam, sementara para anggota Marine Corps Band berdiri memegang lembaran musik di belakangnya.

Melakukan lipsync bukan hal baru dalam upacara-upacara pelantikan presiden AS. Dalam upacara pelantikan Obama pada 2009, cuaca dan angin dingin menyebabkan sajian musik secara live oleh pemain cello Yo-Yo Ma dan pemain violin Itzhak Perlman terpaksa diganti dengan rekaman permainan mereka. Namun, tak ada kasus yang diketahui mengenai seorang vokalis melakukan lipsync ketika tampil dalam upacara pelantikan presiden AS.

The London Times, Selasa (22/1/2013) siang waktu Washington, mengonfirmasi apa yang ditulis oleh washingtonpost.com--Beyonce sesungguhnya membawakan "The Star Spangled Banner" secara lipsync. Sementara itu, seorang juru bicara Marine Corps Band, mengatakan kepada washingtonpost.com pada Selasa siang, "Kami tidak tahu mengapa Beyonce memutuskan untuk menggunakan rekaman vokal dan iringan musik."

Lanjut sang juru bicara, "Semua musik (untuk upacara-upacara pelantikan) direkam lebih dulu seperti biasa dan itu sesuatu yang kami lakukan dari tahun ke tahun. Marine Corps Band bermain secara live sepanjang upacara itu, tapi kami menerima perintah mendadak bahwa Beyonce ingin menggunakan rekaman vokal dan musik."

Juru bicara itu juga menambahkan bahwa setiap orang tahu Beyonce merupakan seorang penyanyi berbakat dan keputusannya itu tidak ada hubungannya dengan kemampuan musikalnya.

Selasa siang, Colburn mengatakan kepada The Washingtonian bahwa ia tak bisa mengonfirmasi apakah Beyonce benar-benar menyanyi. Bagaimanapun, band tersebut dan sang vokalis telah memutuskan pada Minggu (20/1/2013) malam untuk menggunakan rekaman musik dan vokalnya, karena mereka tidak bisa mendapatkan jadwal untuk berlatih bersama secara menyeluruh.

"Ia (Beyonce) tak nyaman tampil tanpa sebuah latihan dan saya juga tidak nyaman," ujar Colburn. "Kami selalu tahu bahwa ada kemungkinan," sambungnya.

Setiap vokalis dalam upacara pelantikan Obama pada Senin (21/1/2013) waktu setempat memiliki sebuah rekaman "pengaman" untuk menghadapi masalah cuaca, suhu, atau peralatan musik dan sound yang muncul secara mendadak.

Vokal Kelly Clarkson direkam pada Sabtu (19/1/2013) waktu setempat di Washington, meskipun ia akhirnya membawakan "My Country 'Tis of Thee" secara live dalam upacara pelantikan tersebut.

Apa yang disebut rekaman "pengaman" untuk "The Star Spangled Banner" selesai dijalani oleh Beyonce dengan Marine Corps Band di Washington pada Minggu (20/1/2013) waktu setempat, berdasarkan rekaman musik yang sudah dikirim oleh band itu kepada Beyonce dalam bulan ini juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.