Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mira Lesmara Berburu Dana untuk "Atambua 39° Celsius"

Kompas.com - 25/01/2013, 07:46 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Demi bisa memutar film berjudul Atambua 39° Celsius di kota-kota di Nusa Tenggara Timur dan Timor Leste, sutradara dan produser Mira Lesmana (48) kini berburu dana.

Ia menjelaskan, awal Januari lalu film itu diputar di Atambua, Nusa Tenggara Timur. ”Di sana seru. Buat saya, diputar di Atambua itu harus karena masyarakat Atambua banyak terlibat di dalam film tersebut,” lanjut Mira yang menyiapkan pemutaran film itu di Festival Film Rotterdam, pekan depan.

Ia ingin melanjutkan memutar film yang menceritakan terpisahnya sebuah keluarga pascajajak pendapat Timor Timur (sekarang negara Timor Leste) ke kota lain, seperti Kupang dan Dili.

”Tapi belum ada cukup dana. Aku dan Riri (sutradara Riri Riza) inginnya begitu, lagi-lagi terkendala soal biaya,” lanjut putri musikus Jack Lesmana itu. Biaya pemutaran film Atambua 39° Celsius di 10 kota diperkirakan mencapai Rp 150 juta.

Soal keinginan memutarnya di Timor Leste, produser film musikal Laskar Pelangi tersebut mengatakan, dirinya dan Riri merasa berpihak kepada rakyat Timor. Bahwa tidak ada politik atau negara yang bisa memisahkan asal-usul seseorang.

”Itu sebabnya, kami rindu bisa memutar film itu di banyak kampus, lalu berdiskusi dengan para mahasiswa,” ujar Mira. (TRI)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com