Mira Lesmara Berburu Dana untuk "Atambua 39° Celsius"

Kompas.com - 25/01/2013, 07:46 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan
JAKARTA, KOMPAS.com -- Demi bisa memutar film berjudul Atambua 39° Celsius di kota-kota di Nusa Tenggara Timur dan Timor Leste, sutradara dan produser Mira Lesmana (48) kini berburu dana.

Ia menjelaskan, awal Januari lalu film itu diputar di Atambua, Nusa Tenggara Timur. ”Di sana seru. Buat saya, diputar di Atambua itu harus karena masyarakat Atambua banyak terlibat di dalam film tersebut,” lanjut Mira yang menyiapkan pemutaran film itu di Festival Film Rotterdam, pekan depan.

Ia ingin melanjutkan memutar film yang menceritakan terpisahnya sebuah keluarga pascajajak pendapat Timor Timur (sekarang negara Timor Leste) ke kota lain, seperti Kupang dan Dili.

”Tapi belum ada cukup dana. Aku dan Riri (sutradara Riri Riza) inginnya begitu, lagi-lagi terkendala soal biaya,” lanjut putri musikus Jack Lesmana itu. Biaya pemutaran film Atambua 39° Celsius di 10 kota diperkirakan mencapai Rp 150 juta.

Soal keinginan memutarnya di Timor Leste, produser film musikal Laskar Pelangi tersebut mengatakan, dirinya dan Riri merasa berpihak kepada rakyat Timor. Bahwa tidak ada politik atau negara yang bisa memisahkan asal-usul seseorang.

”Itu sebabnya, kami rindu bisa memutar film itu di banyak kampus, lalu berdiskusi dengan para mahasiswa,” ujar Mira. (TRI)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.