Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Animator Singapura Raih Penghargaan Oscar

Kompas.com - 29/01/2013, 07:00 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com -- Nickson Fong, seorang animator ternama Singapura mengukir prestasi memukau. Pasalnya, Nickson akan menerima penghargaan bergengsi Academy Award atau Oscar di Hotel Beverly Hills, Los Angeles, California, 9 Februari mendatang.

Nickson didaulat memenangkan penghargaan untuk kategori Technical Achievement Award setelah dinilai berjasa menemukan teknik yang membuat tampilan animasi 3D dari karakter-karakter animasi terlihat lebih nyata, hidup, dan menarik.

Teknik yang diberi nama Pose Space Deformation ini ditemukan pertama kalinya pada tahun 2000 lalu. Nikcson menemukannya secara tidak sengaja dari sebuah rumus algoritma yang biasa dipergunakan untuk rumus tabung. Film-film ternama seperti Avatar dan trilogi the Lord of the Rings merupakan satu dari banyak film yang menggunakan teknik ini.

Penghargaan ini sendiri diberikan kepada sosok yang dinilai berjasa menemukan inovasi yang dapat dipergunakan dan bertahan dalam waktu yang cukup lama untuk dunia perfilman.

Nickson sendiri mengaku kaget bukan main ketika dia diumumkan sebagai pemenang. "Saya merasa sangat terhormat dan tersanjung karena teknologi yang saya temukan benar-benar diapreasiasi dan dipergunakan secara luas saat ini," jelas pria berumur 43 ini.

Nickson bukanlah sosok yang asing di Hollywood. Kepiawaiannya telah diakui kalangan Hollywood di antaranya melalui hasil karya visual effect-nya untuk film the Godzilla dan serial film The Matrix. Saat ini dia tinggal di Taipei, Taiwan dan memiliki studio sendiri yang diberi nama Egg Story Creative Production. Dia sendiri tercatat tidak pernah menyelesaikan perkuliahannya dan memilih untuk drop out.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com