Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telluride, Tuan Rumah Pemutaran Perdana Film-film Oscar

Kompas.com - 19/02/2013, 12:19 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Para pengamat Academy Awards suka membahas ajang apa yang paling baik meramal para pemenang trofi Oscar—Gloden Globe Awards, Screen Actors Guild (SAG) Awards, atau sejumlah organisasi kritikus film yang tidak terkenal?

Ada jawaban baru atas pertanyaan itu: Telluride Film Festival, yang digelar di Telluride, sebuah kawasan liburan di pegunungan Colorado, AS.

Jika film Argo membawa pulang trofi Oscar sebagai Film Terbaik Academy Awards 2013 pada 24 Februari waktu Los Angeles, Telluride Film Festival akan menjadi tuan rumah pemutaran perdana empat dari lima film terbaik Academy Awards dalam lima tahun terakhir untuk kawasan seluruh dunia atau Amerika Utara.

Pada Hari Buruh 2012, festival tersebut telah "mencuri start" mempertontonkan untuk kali pertama Argo. Pada tahun sebelumnya, festival itu melakukan hal yang sama terhadap The Artist untuk kawasan Amerika Utara (pemutaran perdana film itu untuk kawasan seluruh dunia diadakan oleh Cannes Film Festival 2011).

Pada 2010, Telluride Film Festival mengadakan pemutaran perdana The King's Speech. Pada 2008, festival tersebut melakukan hal itu pula untuk Slumdog Millionaire.

Satu-satunya film terbaik Academy Awards lima tahun terakhir yang pemutaran perdananya bukan di Telluride Film Festival adalah The Hurt Locker. Film tersebut dipertontonkan untuk kali pertama di Toronto International Film Festival.

Meski para penyelenggara banyak festival film lain yang mungkin tersanjung untuk menunjukkan kejelian dalam memilih film-film yang mendapat pengakuan dari para kritikus film, penyelenggara Telluride Film Festival justru nyaris malu-malu atas rekam jejak mereka berkait dengan film-film pemenang trofi Oscar itu.

"Kami tidak membanggakan hal itu," kata Gary Meyer, yang menjadi pengarah Telluride Film Festival bersama Tom Luddy dan Julie Huntsinger. "Dan, tak masuk akal untuk melacak hal-hal ini," tambahnya.

Telluride Film Festival akan mencapai tahun penyelenggaraan ke-40 pada musim gugur tahun ini. Diatur oleh pilihan-pilihan program yang istimewa, yang mungkin untuk mendukung film-film yang berbahasa asing dan tak dikenal serta film-film dokumenter yang tidak biasa, Telluride Film Festival bahkan tak merilis program filmnya sampai festival tersebut dimulai sehingga mereka yang hadir dalam festival itu memang yakin bahwa film-film berkualitas yang ingin mereka tonton akan diputar.

Sebagai tambahan untuk pemutaran perdana Argo tahun lalu, Telluride Film Festival juga menjadi tuan rumah bagi pemutaran perdana film Amour, yang agaknya akan meraih trofi Oscar sebagai film terbaik berbahasa asing.

"Kami senang untuk film-film dan para pembuat film yang meraih (nominasi Academy Awards 2013), tapi kami bukan bertujuan demikian (menjadi tuan rumah pemutaran perdana film-film pemenang Academy Awards)," kata Meyer, yang akan hadir dalam Academy Awards untuk kali pertama pada 24 Februari nanti. "Kami mempertontonkan film-film terpilih untuk para penonton," katanya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com