Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirip Ikan Hiu Masuk Daftar Coret

Kompas.com - 20/02/2013, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Kelak, sup sirip ikan hiu bakal jadi kenangan di China. Soalnya, pemerintah Republik Rakyat China (RRC) di bawah Xi Jinping bakal mencoret menu bertarif mahal itu, paling tidak untuk hidangan resmi kenegaraan.

Makanya, tulis Xinhua pada Rabu (20/2/2013), penyuplai bahan makanan mewah itu, termasuk minuman beralkohol bakal ketar-ketir kehilangan pendapatan gara-gara kebijakan itu. Termasuk dalam menu daftar coret adalah tiram dan sarang burung walet.

Kementerian Perdagangan China dalam rilis terbarunya mengatakan bisnis makanan mewah itu di Beijing susut 35 persen sejak akhir Januari 2013. Lagi-lagi, pemicunya adalah kebijakan Xin Jinping.

Xi Jinping yang menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis pada November 2012 serius akan kebijakannya itu. Makanya, harga bahan makanan mewah itu pun terjun bebas. Penjualan tiram dan sarang burung walet susut 40 persen sampai dengan akhir Januari 2013. "Kebijakan ini untuk menurunkan kebiasaan hidup mewah,"katanya dalam sebuah kesempatan.

Tak cuma itu, penjualan minuman beralkohol mahal juga terkena imbas. Rerata sampai dengan akhir bulan silam, pedagang minuman jenis ini di China menurunkan harga hingga 30 persen.

  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com