Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertarungan Kuat antara "Argo" dan "Lincoln"

Kompas.com - 25/02/2013, 07:39 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com --  Makin sengit saja aura pertarungan film mana yang akan dinobatkan sebagai Film Terbaik pada perhelatan penghargaan Academy Awards atau Oscars tahun ini. Dua film muncul menjadi kandidat terkuat. Mereka adalah Argo dan Lincoln.    

Banyak pengamat menilai kekuatan sejarah menjadi begitu dominan dalam dua film tersebut. Keduanya sangat kental dengan nuansa politik masa lalu Amerika.

Tak heran, banyak dari mereka yang menilai keduanya akan bersaing ketat meraih posisi terhormat sebagai film terbaik.

Argo, karya sutradara Ben Affleck, mengangkat kisah nyata dari sebuah peristiwa penyelamatan enam diplomat di Teheran, Iran, pada tahun 1979. Film ini berpusat pada usaha Tony Mendez, seorang agen CIA, yang memimpin pelarian para diplomat itu. Sementara Lincoln, kisahnya lebih berpusat pada empat bulan terakhir dari kehidupan Lincoln dalam upayanya sebagai Presiden AS pada Januari 1865 agar Amandemen Ketiga belas Konstitusi Amerika Serikat disahkan oleh anggota senat Amerika Serikat.

Jika keberuntungan berpihak kepada Argo, ini akan menjadi Film Terbaik di mana sang sutradaranya  tak dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik. Hal yang sama pernah terjadi saat film Driving Miss Daisy dinobatkan sebagai Film Terbaik pada Oscars tahun 1990.

Dukungan untuk Argo datang dari Menteri Luar Negeri  AS John Kerry yang menyatakan dukungannya melalui akun Twitter.

“Good luck @BenAffleck and #Argo at the Oscars. Nice seeing @StateDept & our Foreign Service on the big screen.-JK,”  tulis Kerry.

Meski ramalan kuat pada kedua film tersebut, namun pesaing mereka bukanlah film yang bisa ditaklukan dengan mudah. Ada banyak nama besar di belakang nominasi Film Terbaik kali ini. Ada sutradara kenamaan Ang Lee lewat film Life of Pi, Quentin Tarantino untuk film Django Unchained, dan Zero Dark Thirty, film tentang drama detik-detik penggerebekan orang nomor satu yang paling diburu Amerika Serikat, Osama Bin Laden karya sutradara Kathryn Bigelow.  

Bagaimana pun agak sulit menebak siapa yang bakal menjadi terbaik, toh publik hanya bisa menebak-nebak. Jawabannya, hanya tinggal menunggu beberapa saat lagi.  Liputan lengkap mengenai Oscars, KLIK DI SINI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com